Jakarta  (Antara)- Berbagai produk kerajinan dan disain karya seniman ternama dan generasi muda berbakat Filipina akan ditampilkan pada pameran yang bertajuk "Manila FAME: The Design and Lifestyle Event," di World Trade Center Manila, 21-24 April 2016.

Selama expo nanti, Pusat Pameran Dagang dan Museum (CITEM), Kementerian Perdagangan Filipina, akan mempromosikan kreasi-kreasi branding Filipina yang menonjol di industri kreatif, Alma Argayoso, perwakilan dagang Filipina untuk Indonesia, mengatakan kepada Antara, Selasa.

FAME kali ini mengharapkan kehadiran lebih banyak pembeli dari Eropa, Amerika, Jepang, Tiongkok, dan Taiwan, ujar Alma.

Pameran ini juga akan menampilkan sejumlah furniture karya desainer ternama Kenneth Cobunpue, yang banyak menerima pujian di Amerika Serikat dan Eropa.

Majalah Time menjuluki Kenneth sebagai "virtuoso" hebat pertama untuk mebel rotan. "Virtuoso" adalah kata dari bahasa Italia yang berarti orang yang sangat mahir di bidang tertentu.

Karya-karyanya banyak menghiasi hotel-hotel mewah dan kediaman para bangsawan serta selebriti di seluruh dunia.

Seniman Filipina ternama lainnya yang akan ikut memeriahkan Manila FAME adalah Mila Imson yang telah memenangkan penghargaan di Kompetisi Desain Perhiasan ASEAN di Thailand pada September 2015.

Di kompetisi yang diselenggarakan oleh ASEAN bekerjasama dengan Uni Eropa tersebut, kalung yang didesain Mila dan berjudul "The Serpent" tampil sebagai juara.

Manila FAME diselenggarakan dua kali setahun, setiap bulan April dan kwartal di akhir tahun.

Sejak 1983, Pemerintah Filipina mendorong dan membantu para profesional dan yayasan yang bergerak di bidang bisnis untuk mengembangkan industri kreatif, jelas Alma.

Upaya ini ditunjang oleh keyakinan besar akan kualitas SDM Filipina, terbukti dari besarnya jumlah devisa yang dikirim oleh tenaga kerja Filipina dari luar negeri setiap tahun.

Pada tahun 2015, jumlah devisa yang mereka kirim mencapai 23 milyar dolar AS, ujar Alma.

(tx. f001/b003/B003)16-02-2016 21:46:01

Pewarta: Fardah
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2016