Bandung (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan pemerintah akan membangun gerbong untuk perakitan kereta api ringan (Light Rail Transit) dan hingga kereta cepat dibangun di Provinsi Jawa Barat.

"Kita sudah tentukan kita akan membangun mula-mulai untuk perakitan untuk gerbong LRT kemudian depan high speed rail dan dapat membangun secara penuh LRT. Kita putuskan akan dibangun di Jawa Barat," kata Rini Soemarno, saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi dan Diskusi Publik Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di Bandung, Jumat.

Menurut dia, pemerintah Indonesia dan Tiongkok memiliki komitmen untuk membangun gerbong kereta ringan dan cepat di Indonesia. "Saat ini tinggal titiknya di mana, kita sedang mengalisisnya. Feasibility study sedang diselesaikan," kata dia.

Namun, lanjut Menteri BUMN, kemungkinan besar pembangunan gerbong untuk perakitan LRT tersebut akan dibangun di Kabupaten Purwakarta.

"Maka harapan kami, insinyur dari Kota Bandung yang dihasilkan oleh ITB, Unpar dan universitas lainnya bisa bekerjasama dengan BUMN dan mereka bisa membangun kereta cepat di ASEAN," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk studi kelayakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung pemerintah melihat studi kelayakan Kereta Cepat di Hongkong. "Di mana titik-tik yang dilalui oleh rute Jakarta-Bandung akan berkembang menjadi titik-titik baru," kata dia

Menurut dia, keberadaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga menjadi solusi untuk memperbaiki konektivitas antara Jakarta dengan Bandung.

"Konektivitas Jakarta-Bandung bukan hanya traffic-nya saja yang harus diperbaiki tapi juga secara bisnis. Ini harus bisa dimanfaatkan oleh Jabar dengan meningkatkan konektivitas barang dan orangnya," ujarnya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016