Harga kantong plastik dalam pemberlakuan program itu kan sudah ditentukan. Putusannya, yaitu seharga Rp200 per kantong, ya kami pasti ikuti
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung pelaksanaan program kantong plastik berbayar yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam rangka mengurangi jumlah sampah plastik.

"Tentu saja kami harus mendukung program tersebut (kantong plastik berbayar). Lagi pula, itu kan untuk mengurangi jumlah sampah plastik," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Sementara itu, menurut dia, mengenai harga kantong plastik yang telah ditetapkan dalam program kantong plastik berbayar tersebut, pihaknya pun akan mengikuti aturan yang telah disepakati itu.

"Harga kantong plastik dalam pemberlakuan program itu kan sudah ditentukan. Putusannya, yaitu seharga Rp200 per kantong, ya kami pasti ikuti. Itu kan memang sudah jadi putusannya," ujar Basuki.

Lebih lanjut, dia menuturkan volume sampah yang terkumpul di seluruh wilayah ibukota mencapai 6.500 ton setiap hari. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 persennya merupakan sampah anorganik berupa sampah plastik.

"Untuk menekan angka penggunaan kantong plastik di wilayah DKI Jakarta, aturan berupa Peraturan Gubernur (Pergub) maupun Peraturan Daerah (Perda) akan segera kami keluarkan," tutur Basuki.

Selain mengeluarkan Pergub dan Perda, mantan Bupati Belitung Timur itu pun mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa berhemat dalam penggunaan kantong plastik sehari-hari.

"Bukan hanya dari segi peraturan, kami juga mengajak semua warga Jakarta supaya berhemat menggunakan kantong plastik. Apalagi mengingat sampah plastik itu baru bisa terurai setelah ribuan tahun," ungkap Ahok.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016