ISTANBUL, 23 Februari 2016 (Antara/PRNewswire) --

 

Pemerintah kota Cekmekoy, Istanbul, Turki, meresmikan kontes film pendek internasional bertema rasa belas kasihan dan keadilan. Kontes ini ditujukkan untuk memperkenalkan keragaman aspek ketauladanan hidup Nabi Muhammad yang membawa perdamaian pada umat manusia. Kontes film ini terbuka bagi para kontestan profesional dan amatir, dan batas waktu pendaftaran adalah tanggal 8 April 2016.

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=nM3ze35m5mc

 

(Foto: http://photos.prnewswire.com/prnh/20160219/335111-INFO)

 

Untuk dorong terciptanya perdamaian dan keadilan di dunia   

 

Kejahatan dan ketidakadilan adalah sebab fundamental yang mengakibatkan munculnya kehancuran di muka bumi. Hilangnya rasa belas kasihan dan keadilan dari kehidupan sehari-hari membawa dunia ini terjerumus ke jurang kenestapaan setiap harinya. Untuk menjadikan dua konsep ini sebagai hal yang tak terpisahkan di dalam kehidupan kita, maka kita perlu mengorientasikan segala sesuatu yang kita lakukan sehari-harinya pada kedua hal tersebut. Hal ini lah yang menjadi dasar pemikiran dari digelarnya kontes ini, yaitu untuk mengajak orang-orang mempelajari dan mengamalkan moral-moral dari nabi besar Nabi Muhammad, yang menjadikan rasa belas kasihan dan keadilan sebagai dasar hidupnya, melalui sudut pandang sinematografi.

 

Kontes ini terbuka untuk siapa saja, dari wilayah mana pun, agama apapun, bahasa apapun, dan ras apapun, sehingga memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk berkontribusi terhadap perdamaian dan upaya untuk wujudkan rasa belas kasih dan keadlian untuk seluruh umat manusia.

 

Mulai diluncurkan pada tanggal 10 Desember 2015, Walikota Cekmekoy, Ahmet Poyraz, menyatakan kalau kontes ini terbuka untuk sluruh dunia. Ketua penyelenggara kontes ini, Faysal Soysal, mengajak semua orang untuk berpartisipasi di dalam kontes ini untuk membantu merestorasi rasa belas kasihan dan keadilan di seluruh dunia.

 

"Mercy and Justice" International Short Film Video:

https://www.youtube.com/watch?v=nM3ze35m5mc

 

 Dewan juri akan dipimpin oleh sutradara film asing peraih nominasi Oscar, Children of Heaven, Majid Majidi dari Iran. Berikut adalah jajaran dewan juri:Osman Sınav, Hasanali Yildirim, Faysal Soysal, dan Mehmet Ozgur dari Turki; Sahin Sisic dari Bosnia, dan Rashid Masharawi dari Palestina. Sedangkan dewan juri babak seleksi meliputi Cihan Aktas, Mustafa Kara, Kalandar Sogogu, Bünyamin Yilmaz, dan Ferhat Essiz.

 

Didukung sepenuhnya oleh President Turki

Mengingat kontes ini melibatkan seluruh spektrum perdamaian, demoktrasi, nasionalisme, spirtual, dan kemanusiaan, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memberikan dukungan dibawah sponsorship dari Kepresidenan Turki.

 

20 film memperebutkan total hadiah senilai 99.000 lira (sekira Rp.400 juta)  

Kontes ini akan memilih 20 film terbaik. Juara pertama akan mendapatkan uang senilai 30.000 lira; runner-up memperoleh 20.000 lira; dan pemenang ketiga mendapatkan 15.000 lira. Sedangkan para peraih honorable mentions yang berada di ranking empat hingga 20 masing-masing akan mendapatkan 2.000 lira.

 

KONTAK: info@merhametveadalet.com

http://en.merhametveadalet.com/

http://www.facebook.com/cekmekoyshortfilm

www.twitter.com/AdaletMerhamet

 

Sumber: Pemerintah Kota Cekmekoy

 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016