Agroindustrinya sangat bagus. Kami melihat mungkin engga untuk membuat kawasan agroindustri yang modern."
Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan proyek raksasa Tol Trans Sumatera yang dimulai dari Provinsi Lampung yang tembus Sumatera Selatan membuat Pemda Lampung bergairah mengembangkan kawasan industri di Kota Kain Tapis tersebut.

"Kawasan Industri Tanggamus menjadi salah satunya. Kami masih mencari alternatif-alternatif yang terbaik untuk dibuat skala prioritas pengembangan kawasan industri di Lampung," kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo di Jakarta, Selasa.

Untuk itu, Ridho menyambangi Menteri Perindustrian Saleh Husin yang didampingi Pejabat Eselon I untuk mempelajari pengembangan kawasan industri yang tepat di daerah yang dipimpinnya.

Menurut Ridho, Lampung memiliki potensi industri yang besar, terutama dari segi industri maritim dan agroindustrinya.

"Agroindustrinya sangat bagus. Kami melihat mungkin engga untuk membuat kawasan agroindustri yang modern," ujar Ridho.

Ia menambahkan, separuh kabupaten Lampung juga sudah diarahkan untuk pengembangan kawasan industri seberapapun besarnya.

Ia juga mendorong para bupati untuk menyiapkan lahan yang diperuntukan bagi kawasan industri.

Kendati belum melansir target luas pembangunan kawasan industri, Ridho menyampaikan, kawasan industri di Lampung masih terbilang sangat kecil, sehingga betul-betul akan dikembangkan.

Saat ini, pemerintah mencanangkan kawasan industri Tanggamus, Lampung masuk ke dalam 14 kawasan industri di luar Pulau Jawa yang sedang diprioritaskan pemerintah.

Kawasan industri Tanggamus diharapkan akan fokus dalam pengembangan industri kemaritiman di daerah tersebut.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016