Manado (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam kunjungan ke Sulawesi Utara (Sulut), Kamis, meninjau pembangunan jalan tol Manado-Bitung serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

"Pemerintah pusat tetap serius dalam membangun sejumlah proyek besar demi kemajuan sektor ekonomi di daerah ini," kata Darmin di Manado.

Usai membuka sosialisasi kebijakan pengembangan sistem logistik nasional, Menteri didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw melihat langsung progres pembangunan jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39 kilometer.

Menteri mendengarkan beberapa pemaparan terkait persoalan pembangunan tol ini, pembebasan lahan hingga investor yang akan membangun bentangan jalan yang dimulai dari Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan berakhir di Kota Bitung.

Rombongan selanjutnya melanjutkan kunjungan ke Bitung dan singgah ke sekretariat KEK. Di situ Menteri mendapatkan penjelasan dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Jenny Karouw.

Menteri menyimak perkembangan KEK Bitung yang terkait dengan luas kawasan, infrastruktur pendukung, hingga fasilitas kemudahan yang akan diberikan untuk menopang investasi.

Kunjungan rombongan Gubernur Bank Indonesia periode 2010-2013 ini kemudian berakhir di pelabuhan peti kemas Bitung.

"Untuk mewujudkan Pelabuhan Bitung sebagai International Hub Sea Port (IHP), perlu adanya kebijakan menyeluruh yang harus dilaksanakan dengan cepat," katanya.

Kebijakan itu menurut dia meliputi pengembangan pelabuhan dan infrastruktur pendukungnya, industri, pengembangan ekspor impor komoditas, dan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia logistik.

"Pengembangan pelabuhan IHP dan infrastruktur di Bitung perlu dipercepat agar segera menjadi simpul konektivitas perdagangan wilayah Indonesia timur. Pemerintah pusat tetap serius dalam membangun sejumlah proyek besar di daerah ini," katanya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016