Profil tim dan pembalap utama Yamaha untuk Musim Balap Internasional 2016

AsiaNet 63593

IWATA, Jepang, 1 Maret 2016 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Yamaha Motor Co. pertama kali mengikuti ajang balapan pada Mt. Fuji Ascent Race ketiga, hanya selang 10 hari setelah perusahaan tersebut didirikan pada 1 Juli 1955. Sejak saat itu, sejarah yang terukir dari banyaknya tantangan yang dihadapi di arena balap di seluruh dunia telah merepresentasikan sejarah Yamaha Motor Group itu sendiri, dan Semangat Tantangan yang lahir dari segala aktivitas balapan ini telah menjadi bagian integral dari budaya perusahaan kami.

(Foto : http://prw.kyodonews.jp/prwfile/release/M102500/201602298378/_prw_OI1fl_43C4Zd9h.jpg)

Kebijakan dasar Yamaha Motor untuk aktivitas balapan adalah sebagai berikut:
- Branding: meningkatkan nilai merk Yamaha
- Masukan Teknis: transfer teknologi yang diperoleh dari kegiatan olahraga motor untuk model produksi
- Kegiatan Promosi: menumbuhkan minat dalam partisipasi balapan dan penonton di seluruh dunia

Tahun lalu menandai perayaan ke-60 tahun berdirinya Yamaha Motor dan kami menjalankan aktivitas kami berdasarkan kebijakan-kebijakan dasar ini. Kisah sukses kami meliputi perolehan gelar MotoGP Triple Crown of Constructor, Rider and Team dan juga gelar MXGP pada Kejuaraan Dunia MotoCross. Di samping itu, seri YZF-R1, yang dikembangkan berdasarkan masukan teknis dari mesin YZR-M1 MotoGP, memenangkan Suzuka 8 Hours Endurance Road Race bersama dengan kejuaraan balap berbasis produksi di Jepang, Eropa dan Amerika.

Selain pencapaian-pencapaian tersebut, Yamaha Motor mengambil tantangan baru, seperti melanjutkan upaya kami menciptakan model "step-up" untuk mendidik para pembalap muda dari Asia dengan tujuan untuk membawa mereka ke panggung dunia. Pada 2016 pula, Yamaha Motor akan melanjutkan kegiatan balap globalnya yang sejalan dengan tiga kebijakan mendasar ini untuk merasakan kemenangan selanjutnya dan membawa "Kando"* kepada masyarakat di seluruh dunia.

*Kando adalah kata dalam bahasa Jepang untuk mengungkapkan perasaan puas yang mendalam dan gembira yang amat sangat yang kita alami ketika kita menghadapi sesuatu yang amat bernilai.

Road Racing:
Pada Kejuaran Dunia MotoGP, tim pabrik Movistar Yamaha MotoGP akan menampilkan Jorge Lorenzo, yang meraih gelar Kejuaraan Dunia MotoGP untuk ketiga kalinya pada 2015, dan Valentino Rossi, yang akan memasuki musim ke 15-nya dalam kelas premier. Keduanya akan mengendarai YZR-M1 versi tahun 2016.

Bradley Smith, yang tahun lalu berhasil meraih gelar sebagai pembalap top satelit dengan posisi ke 6 sebagai posisi terbaik yang pernah diraihnya sepanjang karirnya di MotoGP, dan Pol Espargaro, yang menduduki posisi ke 9 secara keseluruhan, akan membentuk tim satelit Monster Yamaha Tech 3, dan juga akan mengendarai YZR-M1 versi tahun 2016. Yamaha mengincar Triple Crown untuk dua kali berturut-turut.

Untuk pertama kalinya sejak 2011, Yamaha Motor akan menurunkan tim dalam ajang Kejuaraan Superbike Dunia: Tim Pata Yamaha Official WorldSBK. Mewakili tim tersebut adalah pemenang Kejuaraan Superbike Dunia tahun 2014 Sylvain Guintoli dan Alex Lowes, yang memasuki musim ketiganya dalam kelas ini. Mereka akan bertanding mengendarai YZF-R1, yang telah memenangkan banyak balapan dan gelar dalam musim debutnya tahun lalu, dalam upaya untuk membuktikan bahwa YZF-R1 adalah superbike tercepat yang pernah dibuat dan memastikan gelar kejuaraan pertama Yamaha Motor dalam kelas ini sejak 2009.

Pada ajang Endurance World Championship, dua tim Eropa akan bertanding untuk musim penuh 2016, sementara tim pabrik Yamaha sekali lagi akan mengambil bagian dalam babak ketiga, Suzuka 8 Hours, dengan tujuan mengulangi kejayaan tahun lalu. Yamaha Motor juga akan menerjunkan tim di ajang FIM Superstock 1000 Cup Eropa dan di kelas Superbike pada ajang MotoAmerica AMA/FIM North American Road Racing Championship, seri road racing puncak Amerika Utara. Keseluruhan tim akan berjuang meraih posisi juara tahun ini.

Tahun lalu, Yamaha Motor memulai program "step-up" berjenjang di Asia untuk menawarkan kesempatan bagi para pembalap muda untuk berkembang secara progresif, menciptakan sebuah lingkungan di kelas Asia Production 250 (AP250) pada Asia Road Racing Championship (ARRC) di mana para pembalap muda dapat tertantang untuk mencapai hasilnya.

Musim ini, Yamaha Motor telah membentuk Yamaha Racing Team yang baru untuk bertanding pada kelas premier SuperSports 600 (SS600) kejuaraan dengan mengendarai YZF-R6 dan merepresentasikan level selanjutnya yang menjadi tujuan para pembalap AP 250 ini. Yang akan mewakili tim ini adalah Yuki Ito, yang berhasil meraih posisi sembilan teratas selama empat musim ke belakang dalam kelas ini, bersama dengan Muhammad Fitri Ashraf Razali dari Malaysia, yang akan memulai musim ketiganya di kelas ini. Keduanya akan bertanding pada musim ini dengan harapan berkembang sebagai pembalap dan memenangkan kejuaraan ini.

Pada kelas AP250, Yamaha Motor akan terus mendukung para pembalap dan tim yang bertanding dengan YZF-R25 tahun ini.

Motocross/Supercross:
Tim Monster Energy Yamaha Factory MXGP akan bertanding pada kelas MXGP puncak dalam Kejuaraan Dunia Motocross. Romain Febvre, yang tahun lalu mengembalikan gelar kelas premier kepada Yamaha Motor untuk pertama kalinya sejak 2009, dan rekan satu timnya Jeremy Van HoreBeek, yang meraih posisi ke 5 pada musim lalu secara keseluruhan, akan menargetkan gelar dunia kedua pada mesin pabrik YZ450FM.

Di samping tim pabrik, tim Yamaha lainnya akan berkompetisi dalam MXGP dan kelas feeder-nya, MX2. Para pembalap muda dalam MX2 akan berjuang dalam kejuaraan dengan tujuan untuk melangkah ke kelas MXGP.

Pada AMA Supercross Championship, yang mengawali musimnya pada 9 Januari, tim Monster Energy/360fly/Chaparral/Yamaha Factory Racing bertanding dalam kelas premier 450cc dengan juara dua kali Supercross mengendarai YZ450F. Tim Autotrader/Monster Energy/Yamaha juga bertanding di kelas 450cc dan mengincar posisi top bersanding dengan Reed.

Kelas 250cc AMA Supercross terbagi dalam kelompok regional Timur dan Barat, di mana masing-masing diselenggarakan sebagai kejuaraan terpisah. Sejumlah pembalap muda Yamaha akan bertanding bersama juara bertahan West Champion 250cc Cooper Webb. Tujuan Yamaha Motor musim ini adalah meraih gelar kejuaraan Timur maupun Barat.

(Lampiran: http://prw.kyodonews.jp/prwfile/release/M102500/201602298378/_prw_OA1fl_46TdwCYl.pdf)

http://global.yamaha-motor.com/race/  


Sumber: Yamaha Motor Co., Ltd.

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar