Sevilla, Spanyol (ANTARA News) - Juara bertahan Liga Europa Sevilla berhasil mengalahkan wakil Swiss, FC Basel, dalam laga kedua putaran 16 besar Liga Europa dengan skor 3-0 di Stadion Ramon-Sanchez Pijzuan, Spanyol, Jumat pagi WIB.

Berkat kemenangan tersebut, Sevilla berhak melaju ke babak perempat final dengan kemenangan agregat 3-0 atas Basel setelah di laga pertama kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Penyerang Kevin Gameiro menjadi pahlawan kemenangan timnya dengan mengemas dua dari tiga gol yang dicetak Sevilla dalam laga tersebut.

Sevilla menguasai penuh jalannya pertandingan dengan memiliki hampir 60 persen pengendalian bola dan melepaskan 18 kali percobaan tembakan yang tujuh di antaranya menemui sasaran.

Sevilla membuka keunggulan pada menit 35 melalui situasi sepak pojok yang dilepaskan Jose Antonio Reyes, bola mengarah ke tengah kotak penalti di mana Adil Rami melompat lebih tinggi di antara kerumunan pemain yang ada dan menyundul bola ke gawang Basel.

Jelang turun minum, Gameiro mencetak dua gol beruntun untuk membawa Sevilla menjauh dari kejaran Basel.

Gol pertama Gameiro dicetak melalui penyelesaian atas aksi menawan Reyes di sisi sayap sebelum melepaskan umpan silang yang disambut oleh penyerang Prancis itu pada menit 44.

Semenit berselang giliran Michael Krohn-Dehli yang menyiapkan umpan matang kepada Gameiro, yang disambut dengan tandukan, namun bola membentur mistar gawang. Beruntung Gameiro sigap menyambut bola muntah dan memaksa penjaga gawang Tomas Vaclik memungut bola dari gawangnya untuk ketiga kali.

Permainan di babak kedua tetap dikuasai Sevilla, meski para pemain asuhan Unai Emery itu sedikit lebih menurunkan tempo dan mementingkan mempertahankan keunggulan.

Mereka sukses dan Sevilla tetap menang 3-0 atas Basel sekaligus melaju ke perempat final.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Sevilla (4-2-3-1): David Soria (PG); Mariano, Adil Rami, Timothee Kolodziejczak, Benoit Tremoulinas; Sebastian Cristoforo, Vicente Iborra (Grzegorz Krychowiak); Jose Antonio Reyes, Ever Banega, Michael Krohn-Dehli (Sergio Escudero); Kevin Gameiro (Fernando Llorente)
Pelatih: Unai Emery

FC Basel (4-1-4-1): Tomas Vaclik (PG): Michael Lang, Daniel Hoegh, Marek Suchy, Behrang Safari; Taulent Xhaka; Birkir Bjarnason (Alexander Fransson), Luca Zuffi, Matias Delgado (Breel Embolo), Renato Steffen; Marc Janko (Cedric Itten)
Pelatih: Urs Fischer

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016