... karena dibutuhkan kesadaran tentang lingkungan sejak usia dini, sejak masih muda...
Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, menghargai inovasi para remaja Sekolah Menengah Atas dan sederajat untuk melestarikan lingkungan dengan mengikuti Program Toyota Eco Youth.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, karena dibutuhkan kesadaran tentang lingkungan sejak usia dini, sejak masih muda," kata dia, di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Pemeran Naga Bonar pada film Naga Bonar dan Naga Bonar Jadi Dua ini mengatakan, keasrian tanah pasundan kini mulai terusik dengan pengrusakan lingkungan di sejumlah titik, sehingga mengakibatkan banjir, longsor dan penumpukan sampah.

Kondisi demikian, lanjutnya, membutuhkan perhatian segenap warga Jawa Barat yang berjumlah 46 juta untuk mengembalian keindahannya.

Dalam hal ini, berbagai inovasi yang dilakukan remaja, anak muda dan sederajat diyakini mampu menginspirisasi warga lainnya untuk turut membudayakan kegiatan cinta lingkungan.

Salah satu aktor kawakan Tanah Air ini bahkan akan mencanangkan kegiatan mengolah sampah di lingkungan sekolah untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang pada Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS).

"Bayangkan, kalau setiap sekolah melakukannya, berapa banyak sampah yang bisa kita kurangi dan berapa banyak warga yang bisa terinspirasi," kata dia.

Menurut pria berusia 61 tahun ini, Provinsi Jabar telah mengalokasikan sejumlah dana untuk membenahi kerusakan lingkungan seperti Program Citarum Lestari yang memasuki tahun ketiga.

Program tersebut mampu mengurangi 70 persen sampah yang mengalir dari hulu ke hilir, hingga Sungai Citarum kembali bersih.

"Tapi, kami belum puas dengan 70 persen, harusnya 100 persen," tukasnya.

Diketahui, SMA Negeri 19 Bandung menjadi juara pada Toyota Eco Youth ke-9 tahun lalu, dengan berinovasi menciptakan Program Babarengan Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi.

Untuk itu, sebagai hunian pemenang Best of The Best TEY ke-9, Bandung dipilih untuk menjadi kota diresmikannya TEY ke-10 yang dihadiri oleh Deddy Mizwar.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016