Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan solusi MangoStar, layanan yang memudahkan para UKM dapat menikmati akses internet berbasis teknologi satelit.

"MangoStar salah satu upaya Telkom menghadirkan akses telekomunikasi ke seluruh wilayah Indonesia tanpa memandang lokasi, karena dapat melayani masyarakat di daerah terpencil sekalipun," kata Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, di Jakarta, Senin.

Menurut Awaluddin, MangoStar solusi akses internet berbasis teknologi satelit atau disebut Very Small Aperture Terminal (VSAT), yang sangat cocok bagi UKM di daerah remote yang kesulitan dalam penarikan akses jaringan fisik (tembaga atau fiber optic).

"MangoStar menjadi satu-satunya layanan broadband via satelit di Indonesia dengan kecepatan Download up to 2 Mbps dan Upload 0.5 Mbps," tambah Awaluddin.

Ia menjelaskan MangoStar menyediakan paket dengan biaya bulanan terjangkau serta delivery dan layanan terjamin, termasuk kemudahan top-up melalui www.blanja.com dan penambahan kuota akses internet.

Benefit tambahan selain akses internet, pelanggan UKM langsung dapat menikmati layanan televisi free to air tanpa mengurangi kuota bandwidth, termasuk gratis menjadi anggota e-commerce milik Telkom, seperti www.smartbisnis.co.id, www.jarvis-store.com serta diskon 25 persen abonemen.

"MangoStar benar-benar layanan yang sangat inovatif. Layanan VSAT yang biasanya dipasarkan secara wholesale, kini dipasarkan khusus secara retail untuk UKM Indonesia," terang Awaluddin.

Para UKM juga dapat langsung memanfaatkan berbagai konten di www.smartbisnis.co.id serta commerce dimana UKM dapat langsung memasarkan produknya melalui www.blanja.com.

Hingga akhir tahun, Telkom menargetkan dapat melayani 5.000 pelanggan MangoStar tercermin dari tingginya minat atau permintaan berlangganan dari berbagai lokasi seperti Jami, Mentawai dan Kalimantan.

"Kondisi geografi Indonesia menjadikan Telkom harus menguasai semua teknologi untuk akses telekomunikasi. Hadirnya Layanan MangoStar bagi UKM ini diharapkan akan mendukung pencapaian 3 juta UKM Goes Digital hingga akhir tahun 2016 sekaligus wujud Bakti Telkom untuk negeri," ujarnya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016