Wolfsburg, Jerman (ANTARA News) - VfL Wolfsburg berhasil membungkam raksasa Spanyol, Real Madrid, dengan skor 2-0 dalam laga pertama perempat final Liga Champions di Stadion Volkswagen Arena, Jerman, Kamis dini hari WIB.

Kemenangan tersebut menjadi modal penting saat tim besutan Dieter Hecking itu melawat ke markas pemegang dasagelar Liga Champions, Stadion Santiago Bernabeu, pada Rabu (13/4) mendatang, untuk menjalani laga kedua.

Wolfsburg meraih kemenangan berkat gol yang dicetak bek kiri Ricardo Rodriguez dari titik putih pada menit 18 dan gol tambahan dari Maximillian Arnold tujuh menit berselang.

Meski meraih kemenangan, Wolfsburg tampil tak cukup agresif sepanjang laga, hanya memiliki 40 persen pengendalian bola dan melepaskan 10 kali percobaan tembakan, namun tampil efektif dengan menemui sasaran sebanyak enam kali dan dua di antaranya berbuah gol.

Berbanding terbalik, tim besutan Zinedine Zidane tampil sangat dominan dengan menguasai 60 persen kepemilikan bola sepanjang laga, namun lini depan mereka amat sangat tumpul dengan hanya menemui sasaran sebanyak tiga kali dari 21 kali percobaan tembakan yang dilepaskan.

Madrid sebetulnya sempat lebih dulu menyarangkan bola ke gawang Wolfsburg lewat Cristiano Ronaldo saat laga baru berjalan dua menit, namun ia didakwa berada dalam posisi offside kala menyambut umpan kiriman Karim Benzema.

Di tengah rentetan serangan Madrid, tuan rumah sukses memanfaatkan setiap kesempatan untuk membangun serangan balik yang berujung pada dilanggarnya Andre Schuerrle dilanggar Casemiro di dalam kotak penalti saat berusaha menyambut bola kiriman Julian Draxler pada menit 17.

Wasit Gianluca Rocchi menunjuk titik putih dan Rodriguez dengan tenang menyarangkan bola ke sudut kiri atas disambut sorak sorai para penggemar tuan rumah.

Wolfsburg berhasil menggandakan keunggulan mereka pada menit 25 saat Bruno Henrique melepaskan umpan tarik ke dalam kotak penalti dan Arnold melewati Sergio Ramos demi menyambut dengan tendangan sentuhan pertama yang memaksa penjaga gawang Keylor Navas kembali memungut bola dari gawangnya.

Dua menit berselang Schuerrle hampir membawa Wolfsburg kian jauh dari jangkauan Madrid bila saja Navas tak berhasil mengantisipasi tendangan jarak jauhnya.

Benzema yang sejak awal laga sempat terkulai di lapangan akhirnya ditarik keluar oleh Zinedine Zidane digantikan Jese Rodriguez pada menit 41, meninggalkan timnya yang masih kesulitan mencetak gol balasan ke gawang Wolfsburg.

Di babak kedua, Madrid terus mendominasi jalannya pertandingan namun tak satupun peluang yang mereka ciptakan berhasil berbuah gol.

Hal serupa terus terjadi meski mereka berusaha mencari variasi serangan dengan menurunkan Isco menggantikan Luka Modric dan James Rodriguez menggantikan Toni Kroos.

Kedudukan 2-0 bagi tuan rumah tetap bertahan hingga wasit meniup peluit tanda laga usai.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi UEFA.

VfL Wolfsburg (4-2-3-1): Diego Benaglio (PG); Vieirinha, Naldo, Dante, Ricardo Rodriguez; Josuha Guilavogui, Luiz Gustavo; Bruno Henrique (Christian Trasch), Maximillian Arnold, Julian Draxler (Marcel Schafer); Andre Schuerrle (Max Kruse)
Pelatih: Dieter Hecking

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas (PG); Danilo, Pepe, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric (Isco), Casemiro, Toni Kroos (James Rodriguez); Gareth Bale, Karim Benzema (Jese), Cristiano Ronaldo
Pelatih: Zinedine Zidane

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016