Jakarta (ANTARA News) - Kesan menakutkan yang melekat pada polisi ingin diubah menjadi bersahabat lewat pameran Jakarta Metropolitan Police Expo 2016 di Mal Gandaria City, Jakarta yang berlangsung pada 8-10 April.

Pengunjung dapat memahami tugas polisi dalam berbagai bidang, mulai dari Direktorat Sabhara, Bidang Profesi dan Pengamanan, Bidang Hubungan Masyarakat, Direktorat Reserse Kriminal Khusus hingga Direktorat Intelijen dan Keamanan.

"Kita ingin lebih dekat dengan masyarakat, terus masyarakat familier dengan tugas-tugas polisi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal pada Antara News saat ditemui di area pameran, Jumat.

Menurut Iqbal, polisi seharusnya tidak berjarak dengan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tidak akan segan-segan memberikan informasi kepada polisi. Sebaliknya, polisi juga tidak segan memberi himbauan untuk masyarakat.

"Itulah wujud proaktif polisi," kata Iqbal.

Bila kerjasama telah terjalin, maka polisi dan masyarakat bisa sama-sama mencegah terjadinya kejahatan di lingkungan.

"Kita ingin masyarakat jadi polisi bagi dirinya sendiri," imbuh dia.

Kesan bersahabat terlihat dari adanya berbagai gimmick, seperti permainan ular tangga berhadiah hingga maskot-maskot polisi bernuansa kartun. Para polisi juga melayani permintaan pengunjung yang ingin berfoto bersama.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016