Sebaiknya seluruh keluarga besar Partai Golkar secara bergotong-royong memberikan sumbangan untuk pelaksanaan Munaslub,"
Jakarta (ANTARA News) - Politikus senior Golkar Hajriyanto Y. Thohari menawarkan jalan tengah atas wacana iuran untuk kepentingan pembiayaan penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar.

"Terkait iuran saya mengusulkan diambil jalan tengah," ujar Hajriyanto di Jakarta, Kamis.

Hajriyanto yang telah menyatakan diri menjadi bagian dari tim sukses bakal calon Ketua Umum Golkar Priyo Budi Santoso itu mengusulkan agar iuran untuk penyelenggaraan Munaslub dilakukan seluruh kader Golkar secara gotong royong.

"Sebaiknya seluruh keluarga besar Partai Golkar secara bergotong-royong memberikan sumbangan untuk pelaksanaan Munaslub," ujar Hajriyanto.

Dia memperkirakan biaya pelaksanaan Munaslub tidak akan terlampau besar karena agenda utamanya hanya pemilihan Ketua Umum beserta jajarannya.

"Pelaksanaan Munaslub hanya perlu sehari semalam atau maksimal dua hari satu malam, sehingga biaya tidak akan terlampau besar, dan apabila dikerjakan bergotong-royong akan menjadi ringan," kata dia.

Selanjutnya, kata dia, berkaitan dana untuk kampanye dan sosialisasi para kandidat baru bisa dibebankan kepada para calon Ketua Umum.

"Untuk pelaksanaan sosialisasi dan kampanye calon Ketua Umum di lima zona, bisa ditanggung calon Ketua Umum," kata dia.

Sebelumnya beredar kabar bahwa panitia pengarah Munaslub Golkar akan mewajibkan para calon Ketua Umum membayar iuran dengan jumlah tertentu untuk pembiayaan Munaslub. Wacana tersebut mendapat kritikan dari sejumlah kader.

Sementara itu sejumlah kader dikabarkan sudah mulai berinisiatif menggalang dana bagi pembiayaan Munaslub. Berdasarkan informasi yang diterima wartawan, sedikitnya 36 orang kader telah mendonasikan dana untuk keperluan pelaksanaan Munaslub.

Kader yang mendonasikan dananya itu mengharapkan penyelenggaraan Munaslub berkualitas, bersih, akuntabel dan bermartabat sebagai kebutuhan.

Total penggalangan dana Munaslub tersebut Rp126.150.045 ditambah 2.000 dollar Singapura

Munas Golkar akan dihelat Mei 2016 di Bali dengan agenda utama pemilihan ketua umum.

Sejumlah nama yang belakangan sudah menyatakan siap maju antara lain, Ade Komaruddin, Airlangga Hartarto, Aziz Syamsuddin, Idrus Marham, Indra Bambang Utoyo, Mahyudin, Priyo Budi Santoso, Setya Novanto, Syahrul Yasin Limpo, Zaki Iskandar dan lain-lain.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016