Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla dijadwalkan akan membuka pameran kerajinan Indonesia ke-18 (Inacraft 2016) yang akan berlangsung 20 April mendatang.

"Pameran akan dibuka oleh RI-2, karena Presiden masih melakukan lawatan ke luar negeri," ujar Project Officer Inacraft 2016 Hadi Sunarno di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, dia mengatakan pameran yang diikuti 1.400 peserta perusahaan kerajinan itu akan mengangkat berbagai kemegahan kebudayaan Minangkabau.

"Setiap tahun memang kami terbuka bagi setiap provinsi menjadi ikon. Tahun ini terpilih budaya Sumatera Barat sebagai ikon, sehingga bisa mengeksplorasi budaya mereka di Inacraft 2016," kata dia.

Dengan begitu, lanjut Hadi, suasana pameran akan disulap bernuansa Minangkabau, mulai dari hiasan di pintu utama, panggung pembukaan, hanging banner di dalam dan luar area pameran.

Lalu tak ketinggalan hiburan pertunjukan seni serta stan ikon Sumatera Barat di lobi utama. Barang-barang kerajinan yang akan dipamerkan antara lain berbagai produk kerajinan dari tekstil seperti batik, tenunan, bordir, songket, ikat dan aksesorisnya.

Lalu kerajinan kayu seperti patung, furniture berukir, bingkai lukisan, mainan edukasi. Selain itu adapula barang-barang perhiasan dari emas, perak dan baru permata, kemudian barang kerajinan keramik seperti pottery dan gerabah serta pernak-pernik dekorasi rumah.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia (ASEPHI), Muchsin R. Mengatakan Inacraft 2016 juga memfasilitasi seminar nasional menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), lalu penghargaan terbaik pada produk terbaik yang dipamerkan.

"10 orang ahli akan memilih kemudian akan diberikan penghargaan secara khusus pada Jumat (22 April) pada peserta yang memamerkan produk terbaik," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016