Ini menggembirakan dan kami optimis dalam beberapa hari ke depan sudah 100 persen,"
Gorontalo (ANTARA News) - Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama RI, Abdul Jamil di Gorontalo, Sabtu, mengatakan saat ini persentase jamaah calon haji yang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Indonesia sudah mencapai 71,8 persen.

"Ini menggembirakan dan kami optimis dalam beberapa hari ke depan sudah 100 persen," ujarnya saat konferensi pers di Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo.

Pelunasan BPIH dilakukan dalam dua tahap, dimana pelunasan tahap satu dijadwalkan tanggal 19 Mei -10 Juni 2016.

Sementara pelunasan tahap dua dimulai tanggal 20-30 Juni 2016.

"Sekarang temen-temen di layanan dalam negeri juga sedang menyiapkan dokumen paspor jamaah. Ini tahapan penting karena paspor adalah identitas jamaah dan dari sini baru diterbitkan visa," jelasnya.

Quota Haji Indonesia tahun 2016 sebanyak 168.800 orang, yang dibagi dua yakni 155.200 jamaah untuk haji reguler dan 13.600 jamaah untuk haji khusus.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Misnawaty Nuna mengatakan sampai saat ini calon haji yang melunasi BPIH sudah lebih dari 481 orang.

Bahkan dalam satu terdapat ada 80 calon haji yang melunasi BPIH , sehingga pihaknya memprediksi pelunasan akan mencapai 100 persen dari total calon haji minggu ini.

"Itu tidak termasuk orang-orang yang berencana menunda keberangkatannya ke tanah suci," imbuhnya.

Pihaknya telah mengantongi hampir seluruh paspor jamaah dan mempersiapkan visa, dengan syarat telah ada bukti pelunasan BPIH.

Jumlah quota calon haji di Provinsi Gorontalo sebanyak 723 orang, termasuk petugas kloter. Angka tersebut masih sama dengan kuota Provinsi Gorontalo tahun 2015.

Pewarta: Debby Mano
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016