Manila (ANTARANews) - Sebanyak 16 produk makanan dan minuman Indonesia ternyata digemari masyarakat di Filipina. "Produk-produk tersebut mudah ditemui di supermarket besar di Filipina," kata Atase Perdagangan RI Irawan di Manila, Filipina, Rabu.

Produk tersebut adalah Kopiko Instant Coffee, Kopiko 78°, Fres Candy, Kopiko Candy, Energen Nutritious Milk and Cereal, Extra Joss Energy Drink, Diabetasol Nutrition for Diabetic, dan Diabetamil Cookies and Nutritious Drink for Diabetics, Selain itu, Indomie Instant Noodles, Mitra Cooking Oil, Bimoli Cooking Oil, Kara Coconut Milk, You C-1000,Oreo Cookies, dan Tiger Biscuits, serta Fruit Tea.

Irawan menilai produk makanan dan minuman Indonesia memiliki potensi pasar yang cukup bagus di Filipina.

"Filipina termasuk salah satu negara di Asean yang penduduknya besar dan konsumtif, sehingga daya serap produk makanan dan minuman Indonesia punya peluang besar di sini," ujarnya.

Pada kunjungan ke salah satu pasar swalayan besar di Manila, SM Hypermart, Antaranews menemukan produk makanan dan minuman Indonesia yang cukup banyak, mulai dari minyak goreng, kopi, sampai mie instan dan biskuit.

Bahkan di gerai mie instan, Indomie tinggal hanya satu bungkus berupa mie instan goreng. Demikian pula dengan minyak goreng dengan kemasan lebih kecil.

"Untuk minyak goreng persaingannya cukup ketat dengan minyak kelapa, karena Filipina termasuk penghasil kelapa terbesar," ujar Irawan.

Selain produk makanan dan minuman, produk buatan Indonesia yang cukup populer dan penghasil devisa terbesar adalah otomotif, terutama Toyota Avanza dan Innova.(*)

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016