Ana-Fia melaju semifinal "Britain Got Talent"

Lagu "Wind Beneath My Wings" yang bercerita persahabatan dua wanita, dipopulerkan Bette Midler dalam film Beaches, mengantarkan Ana-Fia dari Indonesia melaju semifinal pencarian bakat Britain Got Talent (BGT) Inggris.

Ajang pencarian bakat itu digagas Simon Cowell dan kini memasuki usia ke 10 tahun.

"Bagi kami berdua ini adalah pengalaman yang sangat menakjubkan selama hidup, seperti mimpi yang tidak mungkin terungkapkan dengan kata-kata karena Britains Got Talent merupakan ajang kompetisi bakat terbesar dan terhebat di dunia seperti pernah diucapkan oleh Simon Cowell," ujar Ana Aldina kepada Antara  awal pekan ini.

Video penampilan Ana dan Fia Almanda yang fenomenal pada babak penyisihan sudah lebih dari tiga juta kali ditonton di YouTube. 

Lagu "Tell Him" itu dibawakan penyanyi Barbara Streisand dan Celine Dion dirilis November 1997.

Dukungan untuk ibu dan anak yang menetap di Colchester itu mengalir dari seluruh penjuru dunia. Hal ini terlihat dalam fanspage  Ana & Fia Almanda.

Dazza Kontista dari Sydney  menulis - Well done girls. Hope you go, good ... All the best from Sydney. Lots of love from Indonesia, Good luck Ana & Fia.

Vote  Britain Got Talent hanya berlaku di Inggris, namun dukungan untuk mereka datang dari seluruh dunia. For sure I will vote for you, tulis Tetchy Lubis dari Jedah.

Ada lagi yang berpikir Ana dan Fia berasal dari Filipina, karena pada acara serupa yang diadakan tahun lalu ada peserta yang berasal dari negara tersebut. "Do you have Filipino blood, tanya Artorni Ton. Dory Villavicencio Pulliam juga berpikir kalau Ana dari Filipina. Great job, You both originally from the Philippines.

"Yay found it, You guys are great and I know that there are a few people flying the flag for you guys in Holland," Ana you were always my Shirley Bassey. Bon courage, tulis Andriani Marboen dari Paris.

Ana Aldina mantan pramugari itu mengatakan ia dan putrinya Fia yang tampil dalam kategori "Mum and Daughter," mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan. 

"Kami belajar untuk mengasah vokal dengan having fun, punya kesempatan bertemu dengan banyak orang yang berbakat," ujar Ana.

Ana sangat bersyukur mempunyai kesempatan mengikuti pengambilan gambar dengan Stephen Mulhern dan Ant & Dec, pembawa acara terkenal di Inggris serta mendapatkan pujian dari para juri Simon Cowell, David Walliams, dan penyanyi Aleesha Dixon serta Amanda Holden.

Ana merasa terkesan selama mengikuti program terutama organisasi BGT dalam memperlakukan para peserta sampai diantar-jemput dan mendapatkan pelayanan legal atau perlindungan hukum.

"Kami sangat takjub dan salut atas keprofesionalan dari seluruh staf BGT mulai dari bawah sampai atas seperti runner, researcher, team productions dan producers," ujar Ana yang pernah menyumbangkan suaranya pada acara pengumpulan dana untuk korban banjir di Manado beberapa tahun lalu.

Selain itu mereka juga memberikan dan menyediakan independent lawyer untuk membantu semua peserta semifinalists yang berjumlah sebanyak 45 acts yang lolos ke semifinal dalam masalah contracts dan legal matters.

Setelah Ana dan Fia tahu masuk semifinal,  perasaannya sangat bahagia dan takjub.

"Jangankan masuk ke semifinal, untuk bisa masuk ke "The Judges First Audition" itu saja sudah merupakan kebanggaan yang tak ternilai karena itu semua merupakan hasil saringan yang sangat ketat, panjang dan melelahkan, dari beribu ribu peserta dari seluruh penjuru Inggris dan negara Eropa sekitarnya," ujar Ana.

Persiapan yang dilakukan Ana dan Fia setelah mengetahui masuk semifinal adalah berlatih dengan vocal coach yang mereka sediakan. 

Seluruh transportasi juga ditanggung setiap kali harus mondar-mandir dari Essex ke London karena transportasi di Inggris cukup mahal bila harus ke London setiap latihan.

Mengenai banyaknya liputan media masa baik di Inggris dan di tanah air Indonesia mengenai penampilannya yang fenomenal itu, Ana mengakui sangat kaget atas respons media baik surat kabar, internet, dan media sosial yang begitu besar perhatiannya.

Banyak wartawan surat kabar Inggris mewawancarai termasuk  radio BBC Essex dan "Lorraine Kelly show" di ITV, salah satu Stasiun TV terkenal di Inggris.

"Kami juga tidak menyangka kalau akan mendapatkan sambutan yang begitu besar dari masyarakat Indonesia melalui surat kabar dan media sosial. Kami merasa bersyukur dan bahagia," ujar Ana yang mempunyai dua adik yang tinggal di Lombok dan Bali.

Acara BGT telah berakhir, Ana berencana untuk memulai dan menekuni karier menyanyi lebih serius lagi. Mengenai ikatan kontrak dengan berbagai pihak terkait BGT, sebagai semifinalist Ana dan Fia selalu dalam kondisi siap kalau mereka menghubungi dalam satu atau tiga bulan ini.

"But in the mean time, kami juga sedang menunggu tawaran dari luar BGT yang mungkin cocok dengan kami, karena kami akan terus berkarier di dunia dengan membawa nama Indonesia dengan harapan Indonesia bisa didengar oleh dunia," harap Ana Aldiana.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar