Jakarta (ANTARA News) - PT Pelayaran Nasional Indonesia menawarkan mudik murah untuk jalur Jakarta-Surabaya pada Angkutan Lebaran 2016-1437 Hijriah dengan kapal reguler.

Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni (Persero) Akhmad Sujadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa mengatakan masih sedikit penumpang dari Jakarta mengisi kapal reguler Jakarta-Surabaya tersebut, tetapi penumpang akan bertambah ketika berangkat dari Surabaya.

Space (ruang kosong) ini yang kami tawarkan kepada penumpang di Jawa untuk mudik lebaran dengan kapal laut pada koridor Jakarta-Surabaya," katanya.

Pasalnya, lanjut Sujadi, pada Angkutan Lebaran 1437 H tahun 2016, kapal Pelni tidak mengangkut sepeda motor dan penumpangnya untuk angkutan gratis dari Tanjung Priok, Jakarta ke Semarang PP.

Sebelumnya dua tahun berturut-turut 2014-2015 Kapal Pelni dicarter Kementerian Perhubungan untuk angkutan gratis.

Kapal Dobonsolo waktu itu dicarter dari Tanjung Priok-Semarang PP untuk angkutan motor dan penumpangnya dalam satu kapal secara cuma-cuma," katanya.

Untuk itu Sujadi menawarka tiket mudik Lebaran dengan kapal laut Jakarta-Surabaya kelas ekonomi dipatok Rp235.000, sudah termasuk makan.

Dia menilai lama perjalanan tidak jauh berbeda dengan kendaraan darat pada saat lebaran, yaitu 23 jam.

"Perjalanan kapal bebas macet. Tidak ada lampu merah di tengah perjalanan. Untuk masuk ke pelabuhan, kapal penumpang juga mendapat prioritas," katanya.

Penawaran lainnya, lanjut dia, penumpang dapat istirahat di tempat tidur dengan pendiringin ruangan.

"Tersedia masjid di dalam kapal dan dapat menampung sekitar 100 orang. Naik kapal bisa sholat tarawih," katanya.

Sujadi mengaku bagi masyarakat di Pulau Jawa naik kapal laut masih terasa asing, Kapal Pelni lebih dikenal di luar Jawa, bahkan mereka sangat bergantung dengan kapal Pelni di beberapa pulau terluar dan terdepan sebagai sarana akses dan distribuasi barang.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat di Pulau Jawa untuk dapat memanfaatkan Kapal laut dalam mudik lebaran tahun 2016 ini, khususnya dari Jakarta-Surabaya PP. Tersedia pula kelas kabin atau kelas kamar di KM. Tidar.

Nama-nama Kapal dari Jakarta-Surabaya, di antaranya KM Gunung Dempo Jakarta-Surabaya-Jayapura, KM Dobonsolo Jakarta-Surabaya-Jayapura, KM Ciremai Jakarta-Surabaya-Jayapura, KM Nggapulu Jakarta-Surabaya-Ambon-Bitung, KM Tidar Jakarta-Surabaya-Fakfak, KM Umsini Surabaya-Jakarta lanjut sesuai rute.

Untuk pemesanan tiket hubungi Contact Center Pelni 162 atau 021-162 atau melalui agen perjalanan," katanya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016