PBB (ANTARA News) - Swedia, Kazakhstan, Ethiopia dan Bolivia, Selasa, terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk periode 2017-2018.

Satu tempat terakhir masih diperebutkan oleh Italia dan Belanda yang dalam pemungutan suara sementara menghasilkan hasil hampir seri.

Setelah tiga putaran pemungutan suara oleh 193 anggota Majelis Umum PBB, Belanda memperoleh 96 suara, sementara Italia memperoleh 94 suara.

Setiap negara membutuhkan lebih dari dua pertiga suara untuk memenangkan kursi dalam Dewan Keamanan.

Majelis Umum memilih Swedia dengan 134 suara mendukung, Etiopia dengan 185 suara dan Bolivia dengan 183 suara di putaran pertama pemungutan suara.

Kazakhstan mengalahkan Thailand dengan 138 suara mendukung di putaran kedua pemungutan suara.

Para anggota baru akan menggantikan Angola, Malaysia, Selandia Baru, Spanyol dan Venezuela di Dewan Keamanan pada 1 Januari 2017.

Dewan ini terdiri atas 10 anggota - lima negara dipilih setiap tahun - dan lima negara permanen pemilik hak veto yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China dan Rusia. Dewan ini satu-satunya badan PBB yang dapat membuat keputusan yang mengikat secara hukum, demikian Reuters.

(G003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016