Padang Aro (ANTARA News) - Kepolisian Resor Solok Selatan, Sumatera Barat, mengimbau pemudik selalu waspada dan berhati-hati saat melaju di sejumlah jalan yang merupakan rawan kecelakaan lalu lintas di daerah itu.

Kepala Bagian Operasi Polres Solok Selatan, Kompol Benu Alam di Padang Aro, Kamis, mengatakan pihaknya telah memetakan daerah rawan kecelakaan lalu lintas di daerah itu dan diimbau pengendara berhati-hati saat arus mudik dan balik Lebaran.

Jalan rawan kecelakaan lalu lintas ITU yaitu di Koto Parik Gadang Diateh berada di jalan utama Batang Limpauang, Sungai Pagi di Pulakek selanjutnya Kecamatan Pauah Duo di Ampalu.

Kemudian di Kecamatan Sangir jalan yang merupakan rawan kecelakaan lalu lintas di jalan Sungai Lambai, Padang Aro, Liki serta Kecamatan Sangir Batang Hari di Ranah Pantai Cermin.

Ia menyebutkan kondisi jalan yang rawan kecelakaan itu merupakan jalur yang bagus sehingga pengendara cenderung melaju dengan kecepatan tinggi.

Sementara dalam upaya meminimalisasi gangguan lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas, sebutnya, polres setempat telah menyiapkan lima pos pengaman selama operasi Ramadhan dan Hari Raya (Ramadniya), yakni Pospam Balun, Ruang Terbuka Jijau Muaralabuh, objek wisata Hot Waterboom, simpang empat Padang Aro dan simpang Lubuak Malako.

Selama operasi Ramadniya 2016 yang digelar selama dua minggu, 30 Juni hingga 14 Juli 2016, jumlah personel polisi yang diherahkan sebanyak 110 orang dan dibantu oleh TNI serta pemerintah setempat.

Untuk personel kepolisian, satu pospam ditempatkan 16 orang ditambah satu anggota TNI, tiga Polisi Pamong Praja (Pol PP) serta tiga orang dari Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi.

"Sasaran dari pengamanan lebaran kali ini adalah orang yang sedang mudik, mau silaturahim serta arus balik," ujarnya.

Para pemudik juga diimbau mewaspadai titik rawan longsor di sepanjang jalan nasional dan provinsi ketika hujan mengguyur Solok Selatan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Editorial menyebutkan titik rawan longsor di jalan nasional terdapat di sepanjang jalan Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD).

Ia menjelaskan selepas perbatasan Solok dengan Solok Selatan, sebelah kanan dari arah Solok merupakan daerah perbukitan. Rata-rata tanah perbukitan itu labil. Sebagian telah diberi rambu-rambu rawan pergerakan tanah atau rawan longsor.

Titik rawan longsor lainnya yang perlu diwaspadai pemudik mulai dari Ampalu, Pekonina, Kecamatan Pauh Duo, hingga daerah Liki, Kecamatan Sangir.

"Di daerah ini selain tebing sungai, juga terdapat perbukitan," ujarnya.

Sementara untuk jalan provinsi, sebutnya, titik rawan longsor berada di jalan yang menghubungkan Kecamatan Sangir dengan Sangir Jujuan dan Sangir Batang Hari.

Daerah rawan longsor ini berada di bukit Manggis, kemudian Koto Japang di daerah Padang Air Dingin, kemudian Ranah Pantai Cermin di Kecamatan Sangir Batang Hari.

Pewarta: Miko Elfsiha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016