Padang, Sumatera Barat (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menggelar takbiran bersama warga  Kota Padang di Kantor Gubernur Sumatera Barat.

Warga kota ini yang hadir di halaman kantor gubernur telah berkumpul sejak pukul 20.00 WIB untuk meramaikan acara Takbir Akbar Syumarak Syawal 1437 Hijriah.

Presiden yang mengenakan kemeja putih dan jas abu-abu serta sarung berwarna merah tiba bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Kantor Gubernur dan disambut meriah oleh tepuk tangan warga kota Padang.

Terdapat 11 kecamatan di Kota Padang yang melakukan pawai takbir di depan podium Presiden, meliputi Kecamatan Lubuk Pegalung, Kecamatan Kuranji, Kecamatan Padang Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, dan Kecamatan Padang Barat.

Masing-masing tim pawai membawa panji dan bangunan khas daerahnya.

Sejumlah pejabat pemerintah yang hadir bersama Jokowi adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Ketua DPD RI Irman Gusman dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Acara ini dibuka dengan pemukulan bedug bersama oleh Presiden dan Gubernur Sumatera Barat serta Ketua DPD RI.

Tim pawai yang hadir sebagian besar memainkan musik rebana dan memukul beduk serta mengumandangkan takbir merayakan hari Lebaran.

Presiden dan pengunjung yang hadir disajikan tabuhan beduk dan takbir dalam rangka menyambut malam 1 Syawal 1435 Hijriah.

Selasa siang sebelum itu, Presiden telah membagikan ribuan paket sembako di empat titik di Kota Padang kepada warga kurang mampu, selain mengunjungi Plaza Andalas untuk meninjau kegiatan ekonomi masyarakat menjelang Lebaran.


Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016