Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin optimistis target pertumbuhan industri sebesar 5,7 persen dapat tercapai.

"Kami masih optimis target itu akan tercapai walaupun kita tahu bahwa pertumbuhan ekonomi memang masih belum pulih sepenuhnya," kata Menperin di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, Kemenperin berupaya mendorong konsumsi di dalam negeri agar lebih baik.

Menurut Saleh, secara kasat mata, momen Ramadan dan Lebaran turut berkontribusi meningkatkan permintaan industri makanan dan minuman serta sandang, sehingga terjadi peningkatan produksi yang diyakini akan memengaruhi pertumbuhan industri.

Selain itu, Saleh berharap, kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) yang diputuskan pemerintah juga mampu memengaruhi geliat industri di dalam negeri.

"Dari dana tersebut kan nantinya akan banyak dibangun proyek, infrastruktur, jalan tol, dan pabrik. Tentu saya berharap mereka menggunakan bahan-bahan yang diproduksi dalam negeri," ujarnya.

Dengan demikian, pertumbuhan industri akan semakin terdorong dan mampu mencapai target hingga lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi 2016 sebesar 5,2 persen.


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016