Ankara (ANTARA News) - Pasukan keamanan Turki pada Sabtu berhasil menyelamatkan Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal Hulusi Akar dan membawanya ke tempat yang aman dalam sebuah operasi di Ankara, pasca-percobaan kudeta, demikian laporan jaringan televisi CNN di Turki.

Jenderal Akar diselamatkan setelah sebuah operasi diluncurkan di pangkalan udara Akinci, di barat laut ibu kota. Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa dia disandera di awal percobaan kudeta pada Jumat (15/7) waktu setempat.

Sementara itu, puluhan personel angkatan bersenjata Turki diringkus di seluruh negeri setelah terlibat dalam percobaan kudeta yang menurut pemerintah didalangi para pendukung ulama Fethullah Gulen yang berbasis di Amerika Serikat, menurut lansiran kantor berita pemerintah Turki, Anadolu.

Sebanyak 754 personel angkatan bersenjata Turki ditangkap atas keterlibatan dalam kudeta itu. Seorang pejabat pro-pemerintah Turki di bawah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa 29 kolonel dan lima jenderal dicopot dari jabatannya.

Sedikit-dikitnya 60 orang tewas dalam pergolakan tersebut, demikian AFP.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016