Ambon (ANTARA News) - Calon haji tertua kota Ambon yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2016 berusia 93 tahun yakni Mahani Niapele Binti Ahmad Niapele.

"Sementara calon haji termuda yakni Hapida Binti Daeng Surung berusia 29 tahun," kata Kepala Kantor Kementerian Agama kota Ambon, Hanafi Kasim, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, jamaah calon haji (JCH) kota Ambon tahun 2016 yang akan berangkat sebanyak 238 orang ditambah lima orang petugas tim pendamping jamaah haji (TPHD) Maluku.

Jumlah 238 tersebut berdasarkan jenis kelamin yakni laki-laki sebanyak 96 orang dan 142 lainnya perempuan.

Sedangkan jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) 94 orang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 30 orang, SLTA 66 orang, Strata satu (S1) 40 orang, Strata dua (S2) enam orang dan Strata tiga (S3) dua orang.

"Dengan demikian jumlah JCH yang akan berangkat tahun 2016 sebanyak 243 termasuk petugas pendamping jamaah," ujar Hanafi.

Dia menyatakan, JCH terbagi menjadi enam rombongan dan 22 regu. Semuanya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 yang akan berangkat pada 23 Agustus 2016 menuju embarkasi Makassar.

JCH asal Kota Ambon ini akan menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia menuju embarkasi Makassar pada pukul 06.45 WIT.

Selanjutnya rombongan akan bertolak dari embarkasi Makassar menuju Jeddah pada 25 Agustus 2016 dengan jasa penerbangan Garuda pukul 23.25 WITA.

"JCH kota Ambon akan bergabung dengan JCH Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tenggara, kota Tual, Kepulauan Aru dan Maluku Tenggara Barat," ujarnya.

Diakuinya, seluruh JCH telah memiliki paspor dan disampaikan ke Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku.

Begitu pula pemeriksaan kesehatan telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Dalam rangka menjamin kelancaran dan kepastian rasa aman dalam pelaksanaan ibadah kepada JCH kota Ambon selama perjalanan di Tanah Suci, di dalam internal jamaah telah dibentuk ketua regu dan ketua rombongan.

"JCH juga telah diberikan pembinaan dan bimbingan di kantor kementerian agama kota Ambon bersama lima orang petugas TPHD Maluku, yang ditugaskan untuk mendampingi dan mengurus jamaah haji Maluku selama menunaikan ibadah haji," tandas Hanafi. 

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016