Pemesan kopi bertanggung jawab atas masuknya sianida. Kopi yang ada di meja saat itu berada dalam penguasaan terdakwa
Jakarta (ANTARA News) - Saksi ahli toksikologi dari Universitas Udayana I Made Gelgel Wirasuta menyebut orang yang memesan kopi untuk Wayan Mirna Salihin, yang adalah Jessica Kumala Wongso, sebagai pihak yang bertanggung jawab atas masuknya sianida ke dalam es kopi Vietnam yang kemudian diminum Mirna dan menyebabkan kematiannya.

Saat bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis, I Made Gelgel mengatakan dia sudah melakukan percobaan dan berdasarkan percobaan itu memperkirakan waktu masuk sianida ke kopi berdasarkan hitungan reaksi kimia yang dicocokkan dengan rekaman saat kejadian.

"Pemesan kopi bertanggung jawab atas masuknya sianida. Kopi yang ada di meja saat itu berada dalam penguasaan terdakwa," katanya.

Untuk membangun argumentasi awal, I Made Gelgel melakukan percobaan dengan membuat lima kopi es Vietnam standar Kafe Olivier dan kemudian mencampurkan sianida di dalamnya dengan urutan berbeda untuk masing-masing kopi.

Misalnya, pada es kopi pertama, sianida terlebih dahulu dimasukkan, lalu es batu, susu dan seterusnya, dan yang kedua, es batu dimasukkan lebih dulu lalu sianida, susu, kopi dan bahan lainnya.

Hasilnya, yang paling mirip dengan keadaan es kopi pada saat kejadian dalam hal aroma dan warna, adalah yang sianidanya dimasukkan setelah es kopi Vietnam jadi.

"Para pelayan Kafe Olivier yang menciumnya juga menyatakan kopi itu mirip baunya (dengan saat kejadian)," kata I Made Gelgel.

Inilah yang membuat ahli yakin kopi es Vietnam dalam keadaan bersih dan normal sampai disajikan di hadapan terdakwa di meja nomor 54.

I Made Gelgel juga memperhitungkan reaksi kimia dalam memperkirakan waktu masuknya sianida ke dalam kopi es vietnam.

Dengan mempertimbangkan saat menyebarnya sianida ke organ vital korban, dia memperkirakan waktu masuknya sianida ke es kopi pukul 16.30 WIB sampai 16.45 WIB.

Dan berdasarkan data waktu dalam rekaman kamera pengawas, Jessica berada sendirian di meja nomor 54 pada pukul 16.30 WIB sampai 16.45 WIB.

"Penguasaan kopi ada pada terdakwa. Selain itu dalam rekaman juga terlihat adanya gerakan mencurigakan dari terdakwa," tutur I Made Gelgel.

Wayan Mirna Salihin meninggal dunia pada 6 Januari 2016 setelah meminum es kopi Vietnam yang dipesan oleh Jessica di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016