Jakarta (ANTARA News) - Pihak berwenang Indonesia menanggapi serius penyebaran virus zika di Singapura dengan mengeluarkan peringatan perjalanan bagi wanita hamil ke negara tersebut.

Monitor pendeteksi suhu tubuh dipasang di pelabuhan dan bandara untuk mengetahui suhu tubuh orang-orang yang masuk dari Singapura.

Selain itu, setiap penumpang yang bepergian ke Indonesia dari Singapura akan diberi kartu peringatan kesehatan di gerbang bandara.

"Perintah resmi telah dikeluarkan untuk semua kantor kesehatan pelabuhan dan bandara yang menjadi gerbang masuk bagi orang asing, sebagai upaya pengawasan dan pemantauan, " kata Mohammad Subuh, Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit dan bagian Kontrol Kementerian Kesehatan Indonesia.

Peringatan perjalanan yang dikeluarkan, Rabu, menyusul perkembangan infeksi virus zika di Singapura, di mana terdapat 150 orang terinfeksi zika.

Virus zika diidentifikasi dapat merangsang terjadinya mikrosefali atau kelahiran bayi dengan kepala yang lebih kecil dari ukuran normal.

Subuh menyarankan masyarakat untuk tetap waspada pada kehadiran virus zika, terutama bagi wanita hamil.

Ia menambahkan, upaya untuk meminimalisir paparan nyamuk harus diintensifkan sebagai salah satu langkah pencegahan.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016