Miaoli, Taiwan (ANTARA News) - Flying Cow Ranch, sebuah resort peternakan ala barat yang berada di Kota Tongsiao, Miaoli County, Taiwan ini menggabungkan peternakan sapi dan pelestarian kupu-kupu.

"Ranch ini memiliki luas 120 hektar dan areal yang dibuka untuk umum sekitar separuhnya," kata Humas Flying Cow Ranch, Candy di Miaoli, Rabu.

Ia mengatakan, ada dua jenis sapi yang dikembangbiakan di peternakan yang sudah berusia lebih dari 40 tahun ini. "Jenis pertama Holstein dari Belanda berwarna hitam putih dan sementara Jersey berwarna  cokelat dari Inggris."

Untuk areal terbuka untuk pengunjung, menurut dia, puluhan sapi ditampilkan sementara sebagian besar sapi diletakkan di kawasan produksi.

"Ada 350 sapi di ranch ini. sebagian ditampilkan di areal wisata," katanya. Di area penggembalaan yang memiliki konsep barat ala Amerika dan Eropa ini, sapi-sapi bergerak bebas yang menjadi menarik perhatian pengunjung.

Selain sapi, Ranch ini memiliki lokasi pelestarian kupu-kupu. Pengunjung dapat menikmati kumpulan kupu-kupu yang banyak pada bulan Juni hingga Oktober.

Ranch ini juga mengembangbiakan kambing lokal, domba, bebek, kelinci dan kuda. Aktifitas lain juga digelar di kawasan ini seperti memberi susu dan makanan untuk anak sapi dan kambing, membuat ice cream, keju dan membuat sapi dari kertas. Jika lapar ada restoran yang menyediakan makanan china dan barat.

Selanjutnya, menurut Candy, jumlah pengunjung ke kawasan wisata leisure farm ini hampir 30 hingga 40 ribu pertahun. "Kami berupaya mengundang wisatawan dari Indonesia untuk datang kemari," katanya.

Menurut dia, sebagai upaya itu, pihaknya juga mempersiapkan untuk mendapatkan sertifikat halal termasuk untuk makanan yang disajikan di restoran. "Untuk ini kami bekerjasama dengan Taiwan Muslim Leisure Farms Development Association dalam hal ini untuk mendapatkan sertifikat dari asosiasi muslim Taiwan," katanya.

Sementara itu tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi di Taiwan diantaranya Long Yun Leisure Farm dan Forest 18 Leisure Farm di Chiayi County serta Tenway Garden di Kota Tianwei, Changhua County. 

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016