Bandung (ANTARA News) - Seluruh peralatan pertandingan dan sarana penunjang PON XIX/2016 Jawa Barat yang tersebar di seluruh arena di 16 kabupaten/kota akan menjadi milik daerah masing-masing yang dikelola oleh cabang olahraga terkait.

"Selepas PON XIX/2016 seluruh peralatan pertandingan itu dihibahkan menjadi milik daerah penyelenggara pertandingan yang akan dikelola olrh cabang olahraga masing-masing," kata Ketua Harian PB PON XIX/2016 Jabar Iwa Karniwa pada kegiatan talk show di sebuah TV kabel di Jakarta, Jumat.

Menurut Iwa, keputusan itu diambil untuk melakukan pemerataan pembinaan olahraga. Yang diharapkan tuan rumah cabang olahraga itu bisa mengembangkan olahraga tersebut secara maksimal.

"PB PON tidak akan menarik peralatan itu, dan akan diserahkan ke kabupaten/kota untuk dikelola cabang masing-masing. Jadi tantanganya daerah itu harus membina olahraga itu secara maksimal," kata Iwa.

Menurut Iwa, pembelian peralatan olahraga yang dilakukan Jawa Barat merupakan pembelian alat olahraga terbesar yang dilakukan oleh Jawa Barat dengan total mencapai ratusan miliar rupiah.

Selain itu, Jabar juga membangun sarana olahraga seperti GOR, stadion dan merehab beberapa fasilitas olahraga yang refresentatif di sejumlah daerah di Jawa Barat.

"Pembangunan di sarana olahraga itu tersebar di 16 kabupaten/kota. Jadi tidak terpusat di ibukota provinsi saja," kata Iwa.

Penyerahan sarana dan alat pertandingan bekas PON itu akan diserah terimakan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada sehingga pertanggung jawabannya benar.

"Barang itu bisa lebih bermanfaat bila digunakan oleh daerah untuk membina atlet," kata Iwa.

Pada kesempatan itu Iwa menyatakan, Jawa Barat sangat siap untuk menggelar pertadingan PON XIX/2016 Jawa Barat yang akan dimulai 17 September 2016. Namun demikian ada beberapa cabang olahraga yang akan memulai pertandingan pada 14 September 2016 seperti renang, drum band, dayung dan catur.

"Jabar sangat siap menggelar pertandingan. Semuanya sudah dipersiapkan dan seluruh bidang dan sektor sudah mulai bergerak," kata Iwa.

Jawa Barat menurut dia komitmen untuk mengusung "Catur Sukses" yakni empat sukses yakni sukses penyelengaraan, sukses prestasi, sukses pemberdayaan ekonomi dan sukses administrasi.

"Atas nama PB PON XIX/2016 Jabar, kami meminta doa dan dukungannya dari masyarakat Jabar dan umumnya rakyat Indonesia demi kelancaran dan suksesnya PON XIX/2016 Jabar," kata Ketua Harian PB PON XIX/2016 itu menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016