Bandung (ANTARA News) - Emas pertama PON XIX/2016 Jawa Barat akan berasal dari cabang olahraga renang yang akan dipertandingkan di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung, mulai 14 September 2016.

"Cabang renang akan menjadi peraihan emas pertama PON dan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan sebelum upacara pebukaan," kata Ketua Bidang Pertandingan PB PON XIX Yudha M. Saputra di Bandung, Jumat.

Menurut Yudha, pada hari pertama laga cabang renang akan memperebutkan tujuh medali emas. Khusus cabang drumband, kata Yudha, pada 14 September memperebutkan dua medali emas di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

"Jadi pada hari pertama akan ada perebutan sembilan medali emas, tujuh dari renang dan dua dari drumband," katanya.

Selain itu ada 12 cabang lain yang bertanding mulai 14 September, yakni sepak bola, dayung, catur, drumband, hoki indoor, gantole, paralayang, selam kolam, catur, futsal, voli pasir, polo air putra dan pacuan kuda.

Emas pertama PON menjadi momen menarik karena termasuk medali emas istimewa dari sebuah perhelatan olahraga multievent.

Yudha menyatakan, pada rentang 14 - 13 September akan diperebutkan 75 medali emas. Pada Rabu (14/9), 9 medali emas. Kamis (15/9) 19 emas, Jumat (16/9) 22 medali emas dan Sabtu (17/9) 25 medali emas.

PON ini diikuit 9.229 atlet yang terdiri atas 5.627 putra dan 3.602 putri, sedangkan jumlah ofisial 4.071 orang.

Sementara itu tim penjemputan akan memulai tugas Sabtu lusa untuk melayani distribusi atlet kontingen PON, terutam dari cabang olahraga yang sudah memulai pertandingan pada 14 September.


Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016