Bogor (ANTARA News) - Sepak bola, atletik, dan drumband akan dimainkan di daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan Pemerintah Kabupaten Bogor, menyatakan siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX.

"Kesiapan sudah mencapai 99 persen, tinggal menunggu hari pelaksanaan, kita siap menjadi tuan rumah tiga cabang olahraga PON XIX Jawa Barat," kata Bupati Bogor Nurhayanti, Sabtu.

Selaku Ketua Sub PB PON XIX Jawa Barat, Nurhayanti menyebutkan, berbagai persiapan telah dimatangkan, mulai dari mengecek kualitas rumput dan lintasan atletik, sampai mengecek kesiapan beberapa ruangan yang dipergunakan sebagai ruang doping, ruang media center dan ruang "press conference."

"Perbaikan gedung kesenian, seperti perbaikan fasilitas toilet, jalan, matras, dan tata suara, kita lakukan pengecekan sampai lima kali kunjungan," katanya sembari menyebutkan pemasangan jaringan, menyediakan sumber daya manusia di bidang IT, termasuk kesiapan sarana dan prasaran, fasilitas umum, dan menyangkut keamanan, kesehatan serta perbaikan jalan.

"Semua kesiapan kami evaluasi secara intens," katanya seraya menjelaskan bahwa dari hasil evaluasi tersebut, kesiapan sudah mencapai 99 persen.

"Ada 73 atlet Kabupaten Bogor dari 25 cabang olahraga yang ikut bertanding di PON XIX dan PERPANAS XV 2016 ini," kata Nurhayati.

Nurhayanti mengaku optimistis dengan persiapan yang sangat matang, sebagai tuan rumah tiga cabang olahraga dengan target bisa meraih medali emas pertama pada turnamen kali ini.

Berikut data jumlah peserta yang bertanding di Kabupaten Bogor.

1. Cabang olahraga drumband akan diikuti oleh delapan provinsi dengan jumlah atlet sebanyak 178 orang dan offisial 47 orang
2. Cabang olahraga atletik akan diikuti oleh 33 Provinsi dengan jumlah atlet sebanyak 378 atlet dan offisial 171 orang
3. Cabang drumband Team Beregu putra perwakilan dari Jawa Barat, Jawa Timur,Bali,DKI

Jadwal Pertandingan

1. Upacara Pembukaan PON Ke XIX dan PERPANAS XV 2016 Sabtu, 17 September 2016 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Bandung
2. Minggu, 6 September 2016, Atlet Drumband dan Sepak Bola tiba di Kabupaten Bogor
4. Tanggal, 14-23 September 2016 Pertandingan Drumband di Gedung Kesenian Cibinong Kabupaten Bogor
5. Tanggal, 14,16,18 September 2016 Pertandingan Sepak Bola di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor
6. Senin, 19 September 2016 Atlet Atletik tiba di Kabupaten Bogor
7. Tanggal, 22-28 September 2016 Pertandingan Atletik di Stadion Pakansari Cibinong.
8. Kamis, 29 September 2016 Penutupan PON Ke XIX dan PERPANAS XV 2016 .


Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016