Bandung (ANTARA News) - Kontingen Sumatera Utara menambah satu medali emas dari cabang olahraga karate pada hari kelima Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat, Rabu.

Tambahan medali emas tersebut diraih melalui nomor kumite beregu putri di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung (ITB), setelah mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 2-O.

Sayangnya sukses yang diraih karate beregu putri Sumut tidak diikuti beregu putra yang di babak penyisihan harus menyerah dari Jawa Timur dengan skor 2-3.

Kekalahan tersebut cukup dramatis, pasalnya Sumut yang menurunkan karateka Iwan Sirait, Jintar, Jhoni Abdilla, Dedi Irwansyah dan Widodo sempat menyamakan kedudukan 2-2 setelah sempat tertinggal 2-1.

Sayangnya karateka terakhir Sumut, Widodo, yang menjadi penentu di laga itu dipaksa menyerah 1-6 oleh Hirga.

Dengan tambahan satu emas tersebut, hingga hari terakhir cabang olahraga karate PON Jawa Barat, karateka Sumut berhasil membawa pulang dua emas, satu perak dan lima perunggu.

Pelatih karate PON Sumut, Delpinus Rumahorbo mengatakan, pihaknya mengucapkan syukur karena bisa memperoleh dua medali meski raihan tersebut dicapai melalui perjuangan yang sangat berat.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada kami, hingga berhasil membawa pulang dua emas. Saya juga memberikan apresiasi atas perjuangan keras para atlet," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016