Sekali lagi ini sinyal sekaligus pesan dari ibu Megawati bahwa PDIP adalah partai utama pengusung Ahok-Djarot."
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik dari Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago memandang langkah Megawati Soekarnoputri memakaikan jas merah kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam pendaftaran calon Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta merupakan sebuah bahasa politik.

"Ketika Ibu Megawati memakaikan jas merah kepada Ahok, itu merupakan bahasa politik Ibu Megawati sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan. Dia ingin menunjukkan bahwa PDI Perjuangan adalah partai pengusung utama Ahok-Djarot," katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Pangi mengatakan pesan yang sampai ke benak publik ketika jas merah dipasangkan langsung Megawati kepada Ahok adalah hegemoni dan pengaruh Megawati menenggelamkan dukungan partai lain.

"Sekali lagi ini sinyal sekaligus pesan dari ibu Megawati bahwa PDIP adalah partai utama pengusung Ahok-Djarot. Sementara Golkar, Hanura dan Nasdem hanya partai pelengkap dukungan," ujarnya.

Di satu sisi, Pangi menuturkan secara umum tidak mungkin ada "matahari kembar" atau dua partai dominan dalam pencalonan Ahok-Djarot, sehingga dengan masuknya PDI Perjuangan, maka Hanura, Nasdem dan Golkar tenggelam.

Di sisi lain, ia menilai bahwa masuknya PDI Perjuangan membuat Ahok kian percaya diri.

Hal itu berbeda halnya ketika Ahok baru mendapatkan dukungan dari partai Golongan Karya (Golkar), Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Nasionalis Demokrat (Nasdem), karena Ahok masih tampak gamang dalam pertarungan elektoral.

"Ahok tanpa tandu PDIP adalah sebuah kartu mati. Ahok belakangan menyadari realitas tersebut, itu mengapa kemudian Ahok mencoba merayu Ibu Megawati, dan akhirnya berhasil menaklukkan hati Ibu Megawati," ujarnya.

Pada Rabu ini pasangan petahana calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta.

Ahok-Djarot mendaftar dengan didampingi PDI Perjuangan selaku partai pengusung, dan Nasdem, Hanura serta Golkar selaku partai pendukung.

Dalam kesempatan itulah Megawati Soekarnoputri ikut mendampingi pasangan Ahok-Djarot, kemudian terlihat memakaikan jas merah kepada Ahok.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016