Sumedang (ANTARA News) - Jawa Timur pada Selasa tampil sebagai juara umum cabang golf PON XIX/2016 yang digelar di Bandung Giri Gahana Golf and Resort, Sumedang dengan total perolehan empat medali emas, satu perak dan tiga perunggu.

Empat medali emas bagi Jatim diperoleh dari nomor perorangan putra lewat Jonathan W, perorangan putri oleh Inez Beatrice, beregu putri, dan foursome putri lewat pasangan Inez Beatrice/Nanda Winet.

Sementara medali perak Jatim diraih dari nomor beregu putra setelah kalah dari Jawa Barat.

Jawa Timur menambah pundi-pundi medali mereka dengan perunggu dari nomor perorangan putri oleh Nanda Winet, perorangan putra oleh Tirto Tamardi dan mix foursome lewat pasangan Tirto/Inez Beatrice.

"Kami berangkat dari Jawa Timur dengan target tiga emas dan dua perak gemuk, yang kemungkinan besar bisa berubah menjadi medali emas," kata manajer golf kontingen Jawa Timur Dedy Suhayadi.

Walaupun target emas dari foursome putra dan beregu putra meleset, namun di luar dugaan tim beregu putri Jatim tampil gemilang dengan menyumbang satu emas.

Pegolf putri andalan Jatim Inez Beatrice Wanamarta pun mendominasi cabang golf dengan tiga emas.

"Penampilan Inez memang jauh lebih unggul dari para pegolf lainnya karena dia menjadi juara nasional dan juara amatir," kata Dedy.

Di hari terakhir yang mempertandingkan nomor mix foursome, pasangan Jatim Tirto Tamardi/Inez Beatrice menyumbang perunggu sebagai medali penutup bagi Jawa Timur.

"Sangat senang bisa membantu Jawa Timur meraih juara umum," kata Inez Beatrice usai pertandingan.

Sementara itu DKI Jakarta menjadi peringkat dua dalam perolehan medali cabang golf dengan dua emas, empat perak, dan satu perunggu disusul oleh tim tuan rumah Jawa Barat dengan satu emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Pewarta: Aditya E.S. Wicaksono
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016