Jakarta (ANTARA News) - Tim pemenangan tiga pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur sepakat menjaga dan mengamankan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta pada 2017, serta menghindari SARA selama Pilkada di provinsi ini.

"Seluruh tim pemenangan yang hadir sepakat menciptakan suasana aman dan damai," kata Mohammad Taufik dari tim pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Polda Metro Jaya, Rabu.

Pada acara yang digagas Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Mochamad Iriawan itu hadir pula Mohammad Ongen Sangaji dari tim pemenangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, dan Nachrowi Ramli dari tim pemenangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Taufik menyebutkan seluruh tim pemenangan pasangan calon sepakat menghindari isu SARA agar terhindar dari potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Ini langkah antisipasi untuk pencegahan hal yang tidak diinginkan," kata Mohammad Ongen Sangaji dari Tim pemenangan Ahok-Djarot yang juga politisi Partai Hanura itu.

Dia memuji langkah polisi dalam menyamakan pandangan untuk menjaga situasi dan kondisi Pilkada DKI 2017.

Ongen mengungkapkan, Kapolda Metro Jaya berjanji untuk menindak tegas pihak yang memunculkan isu SARA pada Pilkada DKI 2017.

Sementara itu, Nachrowi Ramli menyatakan isu SARA dapat memecah kesatuan dan persatuan bangsa sehingga sepakat tak membicarakan hal itu.


Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016