ANBTI adakan lomba tulis "Indonesia Tanpa Diskriminasi"

ANBTI adakan lomba tulis "Indonesia Tanpa Diskriminasi"

Lambang Garuda (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - Aliansi Nasional Bhineka Tunggal Ika (ANBTI) menyelenggarakan lomba dengan tema "Kurindu Indonesa Tanpa Diskriminasi" berbentuk esai, poster digital dan video pendek mengekspresikan gagasan keberagaman.

Nia Sjarifudin, ketua panitia dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat, menyatakan lomba ini diselenggarakan oleh organisasi yang dipimpinnya ANBTI bekerja sama dengan Asosiasi Guru Sejarah dan Inspirasi.Co. lomba tersebut berhadiah total Rp101 juta. Karya lomba akan dipubliskasi di laman web Inspirasi.co dan ditutup di akhir November 2016.

Menurut Nia, syarata penulisan lomba menggunakan rujukan karya budaya Denny JA sejak lima tahun lalu. Denny JA menggagas gerakan budaya untuk Indonesia Tanpa Diskriminasi. Ia membuat film layar lebar, film pendek, 25 buku puisi, lagu, teater hingga lukisan. Semua menyuarakan spirit agama yang ramah dan mimpi Indonesia Tanpa Diskriminasi.

"Lomba ini lahir karena prihatin semakin jauhnya Indonesia dari cita cita yang dibangun oleh Founding Fathers. Diskriminasi terutama atas dasar agama mewarnai ratusan perda dari Aceh hingga Papua," katanya.

Lomba ini diharapkan mampu mensimulasi agar masyarakat melakukan gerakan "counter culture" atau kembali kepada semangat Sumpah Pemuda dan keberagaman Indonesia. Lomba tersebut juga dimaksudkan untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda, Hari Toleransi Sedunia dan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar