Jakarta (ANTARA News) - Menurut anggota komisi X DPR Dwita Ria Gunadi, perpustakaan provinsi Jambi terkendala dana APBD yang dinilai kecil sekitar rp3 triliun yang juga harus dibagikan kepada beberapa kabupaten.

"Kami di Komisi X akan mendorong pembangunan fisik maupun non fisik  yang dibutuhkan perpustakaan ini," ujar Politisi F-Gerindra tersebut dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Sabtu.

"Tapi untuk sementara dimaksimalkan terlebih dahulu yang ada, coba dibuat program agar menarik pengunjung, apalagi lokasinya dekat dengan kampus dan sekolah," sambung dia.

Selain itu, Dwi juga melihat akses lokasi perpustakaan kecil, sehingga sulit bagi pengunjung dengan bus besar untuk masuk.

Lebih lanjut, menurut Dwi, diperlukan relokasi tempat. Tidak hanya itu, dia juga menyayangkan perpustakaan dengan tingkat provinsi tersebut belum memiliki e-library.

"Jika seandainya RUU Sisbuk ini sudah disahkan, yang pasti perhatian terhadap perpustakaan di daerah lebih baik," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Provinsi Jambi Syamsurizal membenarkan lokasi perpustakaan tersebut sulit diakses dikarenakan tempatnya yang agak masuk ke dalam.

Dia mengatakan sebelumnya ada rencana akan dibangun gedung enam lantai di daerah Citra, namun tidak ada kelanjutan yang menurut dia kemungkinan dikarenakan kemampuan APBD yang minim.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016