Bandung (ANTARA News) - Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun optimistis atlet-atlet paralimpik Indonesia bisa menyabet juara umum di ajang ASEAN Para Games 2017 di Malaysia.

"Di Malaysia (ASEAN Para Games 2017), juara umum. Peluangnya 100 persen," ujar Senny saat ditemui ANTARA News usai penutupan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 di Stadion Siliwangi, Bandung, Senin sore.

Secara umum, pria berambut panjang seleher itu menilai pecahnya 104 rekor baru nasional sebagai tanda mampunya para atlet paralimpik Indonesia berlaga di kejuaraan tingkat Asia Tenggara bahkan Asia.

"Kita lihat dan evaluasi, semua siap. Kita sama-sama lihat tadi berapa pecah rekor. Itu kami persiapkan kita lihat dulu apa yang kita butuhkan, kita ambil, kita latih di Surakarta," kata dia.

Senny mengatakan, beberapa cabang olahraga yang potensial merebut emas di perhelatan khusus atlet berkebutuhan khusus di Malaysia nanti antara lain atletik, renang, catur, bulu tangkis dan tenis meja. Khusus untuk pembinaan atlet jelang ASEAN Para Games dan Asian Para Games, dia berharap pemerintah daerah ikut turun tangan.

"Kebijakan beda-beda, jangan kita samakan dengan Gubernur Jawa Barat. Kita doakan banyak gubernur lain seperti Gubernur Jawa Barat. Kalau di Indonesia itu ada gubernur di Indonesia seperti Gubernur Jawa Barat, Indonesia akan damai, tenang," pungkas Senny.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016