AsiaNet 66252

SHENGZE, Tiongkok, 25 Oktober 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Babak final kompetisi desain fashion "Inheritance and Craftmanship-TCC", yang disponsori oleh China Oriental Silk Market, sukses digelar di Shengze, kota sutera no.1 di Tiongkok, pada tanggal 16 Oktober. Total 23 rangkaian acara dan 70 produk fashion yang merepresentasikan keindahan dan keunikan fashion Tiongkok dipamerkan di event ini. Karya desainer Tiongkok Zhao Li, 'Impression of Mountains and Rivers' dinobatkan sebagai yang terbaik, dan diganjar hadiah berupa piala emas dan uang tunai sebesar 150.000 yuan. Sedangkan karya Shu Yupeng bertajuk 'Carefree Travel' dan Ma Liang 'Integration' masing-masing meraih piala perak. Sementara itu, tiga karya 'Memory-Void', 'Chinese Prescription', dan 'Double Happiness', masing-masing karya dari Chen Dingding, Ruan Chengzhan, dan Deng Jiejing, membawa pulang piala perunggu. Disiarkan secara langsung oleh Xinhua net, Aiqiyi, dan China Mobile 4G Network, ajang ini disaksikan oleh jutaan penonton dan jajaran desainer partisipan.    

Kontes ini diselenggarakan oleh Pusat Informasi Kantor Berita Xinhua, Xinhua Net Stockholding Co. Ltd., yang bekerjasama dengan Chinese Textile Media Holding Co. Ltd. dan Textile and Apparel Weekly. Kontes yang berlangsung selama tujuh bulan ini diramaikan dengan berbagai side event seperti Beijing Press Conference, Suzhou Innovation Expo, Chinese Fashion Brands Development Forum, National Contest Event Promotion Campaign, Work Selecting and Tutor Grouping, dan Shengze Highlights.

Dosen Universitas Tsinghua dan mantan ketua Asosiasi Desainer Fashion Tiongkok Li Dangqi, bertindak sebagai ketua dewan juri. Dia mengatakan, "Industri fashion Tiongkok membutuhkan dukungan dan keterlibatan generasi muda. Kebudayaan dan keterampilan Tiongkok yang khas dan unik ini perlu diwariskan ke dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Saya harap akan ada lebih banyak desainer yang siap untuk mewariskan keahlian mereka dan mendorong lahirnya inovasi di dalam proses penciptaan karya untuk mendorong pembangunan kebudayaan dan keterampilan, memperkenalkan karakteristik kebudayaan Tiongkok ke pentas dunia, dan memainkan peran penting dalam mempromosikan industri tekstil dan garmen Tiongkok ke seluruh dunia."

"Tutor PK Contest" tidak menggunakan sistem pelatihan tradisional seperti yang lumrah diterapkan di banyak kontes desain fashion di Tiongkok yang terdahulu. Tiga peraih piala emas pada beberapa event terdahulu, Wang Yutao, Li Xiaoyan, dan Wu Xukai, ditunjuk sebagai tutor yang masing-masing bertugas memimpin tim desainer yang berkompetisi di kontes ini. Melalui pendekatan ini, event ini selalu berhasil melahirkan bakat-bakat potensial bagi industri fashion Tiongkok.

Event ini memungkinkan Tiongkok untuk menciptakan ekosistem desain fashion yang berorientasi pada inovasi dan kreasi di Shengze dan akan menjadi kawah candradimuka bagi bakat-bakat baru untuk mengembangkan karir dan mempersembahkan inovasi-inovasi mereka. Pihak penyelenggara berharap sekolah-sekolah desain fashion dan perusahaan-perusahaan garmen di Shengze dapat bekerjasama dan saling bertukar pikiran dengan tujuan untuk melahirkan lebih banyak desainer handal dan mendorong transformasi industri tekstil dan pakaian Tiongkok.

Sumber: Inheritance and Craftsmanship--TCC Design Award Committee

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016