Lumajang (ANTARA News) - Bambang Susilo Marimin (62) warga Kabupaten Lumajang yang merupakan seorang pengantar rombongan pendaki Gunung Semeru meninggal dunia di jalur pendakian gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut, Sabtu.

"Informasi yang kami terima, korban meninggal dunia saat mengantarkan rombongan pendaki di jalur pendakian Simpang Terabasan yang merupakan wilayah kerja resort PTN Ranupani di Lumajang," kata Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Antong Hartadi saat dihubungi dari Lumajang.

Menurut dia, korban beserta rekannya yang bernama Ulwanur Rofif mengantar rombongan para pendaki yang akan melakukan pendakian ke Ranu Kumbolo pada 29 Oktober 2016 pukul 12.15 WIB.

"Ketika sampai di jalur simpang terabasan (atas kebon cadangan), korban istirahat dan melakukan komunikasi menggunakan handy talky (HT) dengan rekan-rekan yang ada di Pos Ranupani," tuturnya.

Tidak selang lama, tiba-tiba korban jatuh dan rekannya yang bernama Ulwanur Rofif menghampirinya, kemudian mengajak komunikasi, tetapi tidak ada respon.

"Kawan korban sempat mendengar dengkuran, kemudian dilakukan pengecekan nadi dan napas, ternyata sudah tidak dapat dirasakan denyut nadi dan embusan napasnya, serta kondisi mata melotot," katanya.

Melihat kejadian itu, rekan korban akhirnya turun menuju ke Pos Ranupani untuk melakukan pelaporan dan meminta bantuan kepada petugas untuk melakukan evakuasi rekannya yang diduga menderita sakit.

"Tim Evakuasi yang terdiri petugas Ranupani, Porter, saver dan beberapa warga desa setempat langsung menuju lokasi kejadian dan korban dievakuasi menuju Pos Ranupani. Mereka tiba di Resort Ranupani tersebut sekitar pukul 13.00 WIB," ujarnya.

Saat diperiksa oleh bidan desa, lanjut dia, korban Bambang yang diletakkan di mushalla dinyatakan meninggal dunia pada pukuL 13.20 WIB dan atas permintaan rekan korban, jenazah Bambang langsung dibawa ke rumah duka di Lumajang dengan menggunakan ambulans Desa Ranupani.

Data TNBTS menyebutkan selama sebulan terakhir tercatat tiga orang meninggal dunia di jalur pendakian Gunung Semeru yakni Chandra Hasan (33) yang beralamatkan di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur meninggal dunia saat melakukan pendakian di sekitar Blok Ladengan Gunung Semeru pada Senin (3/10) malam.

Kemudian Sahat M. Pasaribu (23) asal Depok, Jawa Barat meninggal dunia saat melakukan pendakian dan terakhir Bambang S. Marimin.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016