Bilbao, Spanyol (ANTARA News) - Penyerang Athletic Bilbao, Aritz Aduriz, membukukan catatan fenomenal dengan mencetak pancagol saat mengantarkan timnya mengatasi wakil Belgia, KRC Genk, dengan skor 5-3 dalam laga lanjutan penyisihan Grup F Liga Eropa, di Stadion San Mames, Spanyol, Jumat dini hari WIB.

Tiga dari lima gol yang dikantongi Aduriz di laga tersebut, dicetaknya melalui eksekusi tendangan penalti.

Aduriz mencetak gol pertamanya pada menit 8 saat menyelesaikan bola yang diumpankan oleh Raul Garcia menggunakan sundulan kepalanya.

Pada menit 24, Iker Muniain dilanggar Timothy Castagne di area terlarang dan Aduriz dengan dingin mengarahkan bola ke sudut kiri gawang untuk membawa Bilbao unggul 2-0 atas Genk.

Genk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 setelah umpan kiriman Alex Pozuelo disambut dengan sepakan kaki kiri Leon Bailey yang mampu menaklukkan penjaga gawang Iago Herrerin.

Semenit jelang turun minum, Aduriz mencetak gol ketiganya dengan eksekusi penalti dari titik putih usai Raul Garcia dilanggar Omar Colley.

Meski tertinggal, Genk tak menyurutkan upaya mereka melakukan serangan, sehingga pada menit 51 Wilfred Ndidi berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 setelah menanduk bola umpan silang Thomas Buffel.

Umpan terobosan Yeray pada menit 74 berhasil diselesaikan dengan mudah oleh Adurzi untuk membawa Bilbao menjauh dari kejaran Genk dalam kedudukan 4-2.

Lima menit berselang Genk kembali memangkas selisih ketertinggalan menjadi 3-4 melalui gol yang dicetak Tino Susic.

Aduriz melengkapi torehan pancagolnya dalam laga tersebut dengan menjadi algojo atas tendangan penalti yang diperoleh setelah Inaki Williams dijatuhkan Ndidi di dalam area terlarang pada menit 90+4.

Berkat kemenangan tersebut tim besutan Fran Escriba itu naik ke urutan kedua klasemen sementara dengan mengoleksi enam poin, di bawah Genk (6) yang unggul dalam agregat gol.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Iago Herrerin (PG); De Marcos, Yeray, Aymeric Laporte, Balenziaga; Iturraspe, Mikel Rico; Markel Susaeta (Inaki Williams), Raul Garcia (Eraso), Iker Muniain (Sabin); Aritz Aduriz
Pelatih: Ernesto Valverde

KRC Genk (4-1-4-1): Marco Bizot (PG); Timothy Castagne, Jakub Brabec, Omar Colley, Bojan Nastic (Sandy Walsh); Wilfred Ndidi; Leon Bailey, Alex Pozuelo, Thomas Buffel (Leandro Trossard), Tino-Sven Susic; Mbwana Aly Samatta (Nikolaos Karelis)
Pelatih: Peter Maes

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016