Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah titik di sekitar Lapangan Monumen Nasional (Monas) dijadikan lokasi Shalat Jumat peserta demonstrasi 4 November.

Berdasarkan pantauan, Jumat, titik-titik yang menjadi lokasi Shalat Jumat itu antara lain halaman gedung Mahkamah Konstitusi, seputaran Bundaran Bank Indonesia dan Patung Arjuna Wijaya dan di jalan depan gedung Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Jalan Medan Merdeka Barat tampak lengang dari kendaraan bermotor, karena ditutup dan menjadi salah satu titik konsentrasi massa demonstrasi. Biasanya jalan tersebut macet oleh kendaraan roda empat, terutama saat hari kerja.

Sementara di ujung jalan Medan Merdeka Barat tersebut, sudah dipasang barikade dua lapis kawat berduri. Tampak aparat kepolisian berjaga-jaga di seberang barikade tersebut.

Selain kaum lelaki yang Shalat Jumat, sejumlah perempuan peserta aksi yang tergabung dalam tim medis maupun tim konsumsi juga turut bergabung untuk shalat.

Namun, sebagian juga melaksanakan shalat di trotoar sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat.

Kawasan seputar Monas menjadi titik berkumpulnya massa unjuk rasa, salah satunya Masjid Istiqlal.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi aksi yang tidak diinginkan, jalan di kawasan Istana Presiden ditutup mulai dari Stasiun Gambir, Medan Merdeka Utara hingga perempatan Harmoni.

Akibat penutupan jalan tersebut kemacetan sudah terjadi sejak di sekitar Senen, Lapangan Banteng hingga jalan veteran karena banyaknya massa dan kendaraan para demonstran yang diparkir di sekitar kawasan tersebut.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016