Jakarta (ANTARA News) - Sejarawan JJ Rizal mengatakan dua pasangan calon gubernur DKI Jakarta pesaing petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, belum berbicara serius soal penggusuran dan pembangunan tanpa tumbal.

"Saya belum mendengar mereka berbicara secara serius ide tentang bagaimana membangun Jakarta tanpa menggusur dan bagaimana konsep membangun Jakarta tanpa tumbal," katanya kepada Antara News di Jakarta, Senin.

Rizal menilai, selama ini ketiga pasangan cagub hanya mengangkat persoalan yang tidak fokus pada persoalan esensial hidup di kota yaitu pembangunan layak huni dan manusiawi.

"Dan kota yang manusiawi itu seperti apa? Yaitu yang sudah selesai dengan pluralisme, sudah selesai dengan urusan ras, etnis, agama. Tetapi kita berbicara tentang kesejahteraan, mengikis jurang antara si miskin dan si kaya, jurang sosial," ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat masih menunggu pembahasan pembangunan yang manusiawi dari ketiga pasangan cagub guna mengimbangi diskusi yang terlalu condong ke persoalan-persoalan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

"Supaya, masyarakat bisa sehat, bukan hanya sehat memilih tetapi pemikirannya sehat, mereka punya pilihan-pilihan," kata lulusan Universitas Indonesia itu.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016