Boyolali (ANTARA News) - Ratusan orang yang tergabung dalam komunitas relawan Semut Ireng dan Aku Cinta Indonesia Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, aksi keprihatinan dengan mengajak pengunjung "Car Free Day" mencintai Tanah Air.

Aksi keprihatinan yang diprakarasi dua komunitas tersebut di Boyolali, Minggu, dengan membagi-bagikan bunga kepada masyarakat pengunjung CFD di sepanjang Jalan Pandanaran Boyolali.

Menurut Alif Margana selaku ketua penyelenggara, pihaknya memiliki ide mengadakan acara tersebut setelah melihat keprihatian situasi saat ini yang dinilai mengarah kepada keperpecahan bangsa.

"Masyarakat menjaga dan mengamankan NKRI secara nyata," katanya.

Ia mengatakan aksi simpati mereka dengan membagikan bunga kepada pengunjung CFD dan memberikan hiburan terhadap masyarakat.

"Kami intinya mengajak masyarakat untuk menjaga kemajemukan kebhinekaan bangsa ini. Bangsa ini menjadi besar dibangun dari dasar kemajemukan dan kebhinekaan dengan mengorbankan darah yang tidak sedikit oleh para pahlawan dan pendiri negara," kata Alif.

Camat Boyolali Kota Dahat Wilarso mengatakan pihaknya memberikan apresiasi dan mendukung inisiatif mereka melalui kegiatan tersebut.

Ia mengharapkan masyarakat Boyolali khususnya dan warga Indonesia pada umumnya bersama-sama memelihara kebhinekaan.

"Kami bangga dengan adanya aksi keprihatinan dari komunitas ini. Mari kita kebersamaan ikut menjaga NKRI. Aku cinta NKRI akan bergema di wilayah Boyolali," kata Dahat Wilarso.

Setyabudi (43), salah satu warga Boyolali, mengatakan kegiatan "Save NKRI" dan "Aku Cinta Indonesia" yang digelar di CFD sebagai hal positif karena dapat menumbuhkan cinta Tanah Air bagi masyarakat.

"Kegiatan itu, juga dapat diserap dan dimengeri oleh anak-anak generasi muda, apa arti Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Masyarakat selain mendapat hiburan Orkes Melayu, juga ada maknanya untuk mencintai Tanah Air," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016