Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono berjanji akan meningkatkan kesejahteraan guru di sekolah negeri dan swasta dalam memperingati Hari Guru Nasional 25 November.

"Kami akan memperhatikan kesejahteraan para guru, kesejahteraan ingin terus ditingkatkan karena tugas guru semakin hari semakin berat," ujar dia dalam dialog dengan guru di Jakarta, Jumat.

Dalam zaman canggih dan teknologi maju, katanya, terdapat banyak pengaruh yang masuk dan tidak semuanya positif, sehingga peran guru semakin tinggi.

Selain itu, pria berusia 38 tahun itu mengatakan guru juga berperan penting dalam pembentukan moral, karakter dan akhlak.

"Lebih gampang mengajar rumus dibandingkan mengajar tertib berbaris mengantre," ujar dia mencontohkan.

Ia menambahkan bahwa disiplin dan tertib merupakan salah satu pembentukan karakter.

Calon gubernur dari poros Cikeas itu juga mengapresiasi guru yang dapat mencetak siswa dengan sisi intelektual, mental kepribadian serta sehat raga dan jiwa.

Untuk itu, kesejahteraan guru, tutur dia, harus diimbangi peningkatan kompetensi guru dengan membekali pendidikan, pelatihan dan kemampuan lain untuk mencetak kader masa depan.

Agus juga berjanji akan meningkatkan kualitas sarana prasarana sekolah negeri dan swasta karena sekarang dinilainya belum dalam kondisi ideal dan layak.

"Padahal penting, bagaimanapun lingkungan belajar berpengaruh dan berkorelasi langsung dengan output pendidikan," kata suami model Annisa Pohan itu.

Pihaknya akan fokus pada upaya meningkatkan sarana prasarana dan fasilitas pendidikan di semua level, dari SD hingga SMA untuk menunjang menciptakan suasana nyaman murid agar betah di kelas dan fokus.

Pilkada DKI 2017 diikuti tiga pasangan cagub, yaitu nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni; nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat; nomor urut tiga Anies Baswedan - Sandiaga Uno.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016