London (ANTARA News) - Arsenal berhasil memuncaki klasemen sementara Liga Inggris (Premier League) setalah melewati laga pekan ke-15 dengan mengalahkan Stoke City 3-1 di Stadion Emirates, London, Inggris, Sabtu.

Kemenangan itu diraih Arsenal setelah sempat tertinggal lebih dulu dari Stoke akibat gol yang dicetak Charlie Adam untuk tim tamu pada menit 29 dari titik putih setelah wajah Joe Allen dianggap disikut oleh Granit Xhaka di dalam area terlarang, yang sempat memancing reaksi tak puas dari pelatih tuan rumah Arsene Wenger.

Tiga menit jelang waktu normal babak pertama rampung, Arsenal berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol dari Theo Walcott yang menyelesaikan umpan tarik kiriman Hector Bellerin dengan tendangan sentuhan pertama yang menaklukkan penjaga gawang Lee Grant.

Babak kedua baru berjalan empat menit ketika Arsenal berhasil membalikkan keadaan dan merebut keunggulan 2-1 atas Stoke setelah umpan lambung Alex Oxlade-Chamberlain berhasil disambut Mesut Oezil yang berdiri tanpa kawalan di hadapan gawang dengan sundulan yang menyarangkan bola ke dalam gawang.

Pada menit 75, Arsenal memastikan kemenangan mereka menjadi 3-1 setelah Alexis Sanchez dilanggar Bruno Martins Indi di tepian kotak penalti, namun wasit Lee Mason, membiarkan permainan dilanjutkan karena bola berhasil diambil alih Alex Iwobi yang segera melepaskan tendangan demi memaksa Grant memungut bola dari dalam gawang untuk ketiga kalinya.

Kemenangan itu membuat Arsenal memiliki raihan 34 poin, setara dengan Chelsea (34), namun unggul dalam catatan pertemuan dan memenangi pertandingan kala keduanya bertemu pada pekan keenam silam, sehingga membuat Oezil dkk mengambil alih puncak klasemen.

Chelsea sendiri berpeluang untuk merebut kembali posisi puncak jika berhasil memenangi laga pekan ke-15 mereka melawan West Bromwich Albion (20) pada Minggu.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Arsenal (4-2-3-1): Petr Cech (PG); Gabriel, Shkodran Mustafi (Hector Bellerin), Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Francis Coquelin, Granit Xhaka; Theo Walcott, Mesut Oezil, Alex Oxlade-Chamberlain (Alex Iwobi); Alexis Sanchez (Olivier Giroud)
Pelatih: Arsene Wenger

Stoke City (3-4-2-1): Lee Grant (PG); Glen Johnson, Bruno Martins Indi, Marc Muniesa; Mame Biram Diouf (Peter Crouch), Giannelli Imbula, Charlie Adam (Ramadan Sobhi), Erik Pieters; Xherdan Shaqiri (Julian Ngoy), Joe Allen; Marko Arnautovic
Pelatih: Mark Hughes

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016