Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono melakukan silaturahmi dengan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) di Klenteng Kong Miao TMII, Jakarta Timur, Senin malam.

"Silaturahmi yang memang sejak awal ingin lakukan secara konsisten. Kita ini hidup dalam keberagaman, tetapi berusaha memahami satu sama lain," ujar dia kepada media usai mengunjungi klenteng tersebut.

Ia mengatakan mendapat banyak masukan mengenai kebhinekaan dan persatuan saat berdiskusi dengan pemeluk Konghucu.

Saat berdiskusi, ia mengaku banyak terdapat kecocokan, khususnya harapan besar dapat hidup rukun dan penuh toleransi.

"Jadi siapapun yang terpilih, Jakarta ini bisa menjadi rumah yang nyaman untuk semuanya," tutur suami model Annisa Pohan itu.

Pria berusia 38 tahun itu menyebut tidak bermaksud melakukan kampanye, melainkan hanya untuk mendengar pandangan para pemeluk Konghucu.

Dalam kunjunga itu, Agus mengenakan kostum tacticool yang biasa dikenakan, tetapi tanpa atribut Agus-Sylvi dan slogan Jakarta for all.

"Iya, nanti dipolitisir, katanya saya lagi kampanye, padahal tidak demikian. Saya tidak ada pembicaraan apapun terkait politik atau kampanye. Semua saya lepas kecuali Merah Putih," kata dia.

Adapun Ketua Matakin Uung Sendana mengatakan menitipkan pesan kepada Agus untuk menjaga kebhinekaan Indonesia, khususnya Jakarta.

"Harapan ke depan supaya tidak ada mayoritas minoritas karena bangsa kita dibangun dari berbagai suku dan agama," tutur dia.

Pilkada DKI 2017 akan diikuti tiga pasangan cagub, yaitu nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni; nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat; nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno. 


Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016