Jakarta (ANTARA News) - Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana melantik beberapa dari ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi pejabat.

Pernyataan ini disampaikannya secara langsung dalam acara talkshow Rosi dan Kandidat Pemimpin Jakarta di Gedung Djakarta Theater yang dihadiri pasangan cagub dan cawagub Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Pelantikan itu merupakan upaya kami dalam mewujudkan reformasi birokrasi. Karena saya lihat PNS yang muda-muda sekarang ini banyak yang kinerjanya bagus," kata Basuki di Gedung Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis malam.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok itu, berdasarkan Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN), ada beberapa jabatan tertentu yang hanya bisa diisi oleh pejabat golongan tertentu.

"Kalau sekarang, PNS yang muda-muda itu masih belum sampai golongannya. Makanya, harus tunggu tahun-tahun depan sampai golongannya tercapai. Tapi sebetulnya saat ini pun PNS muda-muda itu sudah siap," tutur Ahok.

Lagi pula, calon gubernur bernomor urut dua itu mengungkapkan saat ini sudah banyak PNS senior yang mendekati usia pensiun sehingga harus digantikan dengan pegawai yang lebih muda.

"Jadi, jabatan-jabatan strategis akan diisi oleh PNS muda yang kinerjanya baik sehingga Pemprov dapat bekerja secara optimal dalam membangun Kota Jakarta dan melayani warganya," ungkap Ahok.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016