Bangkok, Thailand (ANTARA News) - Kapten timnas Indonesia, Boaz Solossa mengaku dirinya dan pemain yang lain sudah bermain maksimal pada pertandingan penentuan juara Piala AFF melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu.

Pria yang akrab dipanggil Boci ini mengakui jika pemain Thailand kemampuannya diatas Indonesia. Hanya saja, pihaknya menilai rekannya di timnas juga telah memberikan kemampuan terbaiknya. Hanya saja upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil.

"Kita sudah berusaha maksimal. Memang kita juga punya peluang, tapi kita memang kurang beruntung sehingga tidak bisa mencetak gol. Thailand memang bermain bagus," kata Boaz Solossa usai pertandingan.

Pada pertandingan penentuan ini, Indonesia harus menyerah dengan skor 0-2. Padahal jika timnas Garuda ingin menjuara kejuaraan dua tahunan ini hanya butuh hasil imbang setelah dipertandingan final pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12) menang dengan skor 2-1.

Dengan kekalahan 0-2 ini, Boaz Solossa dan kawan kalah dengan agregat 2-3. Hasil ini jelas membuat kecewa seluruh pemain karena peluang untuk menjadi yang sudah didepan mata sirna di Thailand. Meski demikian, pemain Persipura ini sudah memiliki harapan untuk tim kedepannya.

"Kita harus bisa mempersiapkan timnas lebih lama. Seperti halnya Thailand. Proses untuk membangun tim saat ini membutuhkan waktu lama sehingga bisa bermain maksimal dalam sebuah kejuaraan internasional," kata Boci menambahkan.

Terkait dengan pemain timnas yang saat ini ada, Boaz mengaku memang banyak yang potensial. Mereka selama kejuaraan Piala AFF 2016 berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya. Kedepan, diharapkan persiapan timnas jauh lebih bagus karena banyak kejuaraan yang bakal dihadapi.

Boaz yang saat ini sudah memasuki usia 30 tahun ini mengaku akan kembali memperkuat timnas jika masih dibutuhkan. Pihaknya ingin sebelum pensiun dari persepakbolaan nasional bisa mempersembahkan hasil terbaik bagi timnas Indonesia.

Setelah Piala AFF, timnas Indonesia akan menghadapi SEA Games 2017 di Malaysia. Setelah itu juga akan dihadapkan Asian Games 2018 yang pelaksanaannya bakal digelar di Jakarta dan Palembang.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016