Berlin, Jerman (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Jerman Thomas de Maiziere pada Rabu (21/12) membenarkan bahwa otoritas mengidentifikasi seorang tersangka baru serangan truk mematikan di sebuah pasar Natal di Berlin.

"Ada seorang tersangka baru yang sedang kami cari – dia adalah tersangka namun bukan berarti pelakunya," kata de Maiziere sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Dia menolak mengonfirmasi banyak laporan media yang menyatakan bahwa tersangka adalah pencari suaka asal Tunisia yang memiliki hubungan dengan kelompok ekstremis.

Namun, seorang anggota parlemen konservatif yang juga ada dalam konferensi pers yang sama, Stephan Meyer, mengatakan tersangka memang berasal dari Tunisia dan sedang diawasi polisi.

"Kita sepertinya bicara tentang potensi bahaya pelaku yang diketahui otoritas dan bagian dari kelompok Islam Salafi," katanya kepada para reporter setelah pertemuan komite dalam negeri parlemen.

Meyer, dari partai Demokrat Kristen Kanselir Angela Merkel, mengatakan kasus itu menggarisbawahi upaya partainya untuk melihat Tunisia, Maroko dan Aljazair sebagai "negara asal aman" yang warganya tidak biasanya meminta suaka.(mu)



Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016