ISIS mengaku bertanggung jawab atas Serangan Istanbul

ISIS mengaku bertanggung jawab atas Serangan Istanbul

Polisi mengamankan sebuah wilayah dekat klub malam Istanbul, menyusul serangan senjata api di Turki, Minggu (1/1/2017). (REUTERS/Osman Orsal)

Kairo, Mesir (ANTARA News) - ISIS mengaku bertanggung jawab atas penembakan massal pada malam Tahun Baru di sebuah klub malam Istanbul yang menewaskan 39 orang. Pelaku tunggal penembakan massal ini masih diburu pihak keamanan Turki.

Klaim ISIS itu disampaikan lewat salah satu saluran Telegram-nya yang sebelumnya juga kerap dipakai ISIS. Belum ada komentar dari pihak berwenang Turki atas klaim ISIS ini.

ISIS menyebut serangan itu dilancarkan oleh serdadunya terhadap salah satu klub malam paling terkenal di mana tahun baru dirayakan.

Turki yang merupakan anggota NATO adalah bagian dari koalisi anti-ISIS pimpinan AS yang Agustus silam melancarkan serangan ke Suriah untuk mengusir ISIS dari perbatasan Turki-Suriah.

Si penembak massal diyakini berasal dari Asia Tengah dan memiliki kaitan dengan ISIS, lapor surat kabar Turki, Hurriyet.

Polisi Turki menyebarluaskan foto hitam putih yang sudah buram mengenai terduga pelaku yang diambil dari rekaman CCTV.

Penembakan di klub malam Reina di pantai Selat Bosphorus, Istanbul, itu makin mengguncang Turki yang sebelumnya diguncang kudeta gagal Juli lalu dan berbagai pembomban maut di berbagai kota, termasuk Istanbul, serta ibu kota Ankara, yang beberapa di antaranya dilakukan ISIS dan lainnya dilakukan militan Kurdi.

Beberapa orang mencebur ke Selat Bosphorus untuk menyelamatkan diri dari penembak massal itu saat secara acak dia memuntahkan peluru dari senapannya, sekitar satu jam setelah tahun baru berganti.  Para saksi mata menyebutkan pelaku dengan bebas berjalan sambil memuntahkan peluru dari senapan otomatisnya.

Warga negara Arab Saudi, Maroko, Lebanon, Libya, Israel, India, Belgia dan Prancis ada di antara korban tewas akibat serangan ini, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Pameran alas kaki internasional dibuka di Istanbul

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar